RadioBudiLuhur.com – Valtteri Bottas meraih pole position F1 GP Sakhir untuk memaksimalkan absennya Lewis Hamilton. Penampilannya melampaui rekannya George Russell (George Russell). Mobil Mercedes itu menjadi balapan tercepat pada sesi kualifikasi WIB dini hari Minggu (6/12/2020), ia memimpin dari Russell dengan catatan waktu 53,577 detik yang menggantikan Hamilton dengan 0,026 detik.

Hamilton harus tersingkir setelah terpapar virus corona awal pekan ini. Untuk lomba Sakhir, tata letak sirkuit diubah menjadi lintasan eksternal (searah jarum jam), sehingga jaraknya lebih pendek.

Start di tempat ketiga adalah pembalap Red Bull Max Verstappen, diikuti oleh Charles Leclerc dari Ferrari dan Sergio Perez dari Racing Point. Sepuluh besar adalah Daniel Kvyat (Daniil Kvyat), Daniel Ricciardo (Daniel Ricciardo), Carlos Sainz (Carlos Sainz), Pierre Gasly (Pierre Gasly) dan Lan.

Lance Stroll. Sebastian Vettel gagal lolos ke kuarter ketiga di babak kualifikasi ini. Meskipun Lewis Hamilton melewati pertandingan di Sakhir, tetapi dia sudah sukses mengunci gelar juara F1 di GP Turki pada 2 pekan lalu.

Hamilton saat ini dikarantina sesuai dengan protokol COVID-19 dan pedoman otoritas kesehatan. Meski menunjukkan gejala ringan, pembalap asal Inggris itu disebut-sebut dalam kondisi baik. Karenanya, Hamilton dipastikan akan absen di Grand Prix Sakhir pada Minggu (6 Desember 2020) di Sirkuit Internasional Bahrain.

Gelar ini juga merupakan kali ketujuh bagi Hamilton, setelah sebelumnya menjadi juara pada 2008, 2014, 2015, 2017, 2018, dan 2019. Dalam tujuh gelar juara tersebut, McLaren menjadi juara pertama, dan juara tersisa adalah bersama Mercedes.

Pembalap Inggris itu juga sejalan dengan rekor Schumacher, yang sebelumnya menjadi satu-satunya pembalap yang meraih gelar juara dunia sebanyak tujuh kali.

Sebelumnya, ia telah melampaui rekor 91 kemenangan Schumacher. Hamilton yang saat ini baru berusia 35 tahun, bukan tidak mungkin memecahkan rekor Schumacher dan menjadi pebalap F1 tersukses sepanjang masa. Kira-Kira siapa ya Warga Kampus yang akan menang di F1 GP Sakhir kali ini.