Tips Membuat CV Kamu Menjadi Lebih Menarik

15468283-cv-curriculum-vitae-concetto-di-tag-cloud-parola-su-sfondo-bianco

 

radiobudiluhur.com – Buat kamu yang sedang membuat CV untuk melamar kerja, di sini kita akan kasih tips-tips agar CV yang kamu buat lebih menarik. Kenapa ? karena, pada dasarnya departemen HRD di setiap perusahaan mendapatkan ratusan CV setiap harinya ketika perusahaan tersebut membuka lowongan kerja. So pasti dong, kamu di haruskan untuk bisa membuat CV yang menonjol agar kamu di lirik oleh mereka.
Proses seleksi kerja biasanya terdiri dari Seleksi Administrasi (CV) – Psikotest – Interview HRD – Interview User – Negosiasi Gaji – Pengumuman Penerimaan. Tapi nggak semua perusahaan menerapkan system seperti itu ya. Namun, pengiriman CV adalah hal pertama yang paling menentukan. Sebab, dia adalah dokumen awal yang mencerminkan sebagian dari gambaran diri dan kemampuan pelamar.
Dan inilah dia beberapa tips untuk membuat CV kamu menjadi lebih menarik:

  •  Tunjukkan Kepribadian Menarik

CV bisa kamu gunakan untuk memberitahu si pembaca the best personality kamu. Cobalah untuk menjadi seseorang yang berkepribadian tetapi tetap professional. Gunakan bahasa-bahasa positif, yang bisa membuat kamu “bersinar”.

  • Format CV

Susun CV kamu agar detail yang penting ada di satu tempat. Taruhlah hal-hal yang terkini di paling atas. Hal terpenting yang dilihat tentu adalah pendidikan. Kamu nggak perlu mencatumkan TK, SD, SMP. Cukup masukkan SMA dan tempat kuliah mencakup tahun masuk, tahun lulus, serta nilai akhir.

  •  Berikan informasi “Strenght Point” kamu didalam CV

Buat kamu pelamar fresh graduate dan belum punya pengalaman kerja, kamu bisa gambarkan keterlibatan kamu dalam kegiatan ekstrakulikuler diluar kegiatan akademis sekolah/kuliah. Bisa kegiatan organisasi, komunitas atau kemasyarakatan. Lebih baik lagi jika sudah ada pengalaman part-time job atau magang di suatu perusahaan.

  •  Taruhlah Fakta di CV-mu

Maksud dari kata-kata tersebut adalah misalkan, hindari menulis “menguasai Ms. Excel” di CV yang kamu buat padahal kamu belum pernah melakukan Vlookup, Hlookup, dan lain-lain. Percayalah, semua yang kamu tulis di sana kelak akan di verifikasi.

  •  Penampilan

Maksudnya adalah foto kamu di dalam CV. Ternyata, di CV pun berlaku prinsip “kesan pertama begitu menggoda”. Pasanglah pose terbaik kamu dengan dresscode formal namun bergaya santai.
Itulah beberapa tips, agar CV kamu bisa menjadi lebih menarik lagi dan pastinya bisa menggugah perhatian si pembaca untuk memilih kamu. Jangan lupa untuk di koreksi CV yang telah kamu buat ya. Kali-kali ada tata bahasa yang salah. Well, good luck pastinya buat kamu yang sekarang sudah siap mengirim CV ke perusahaan.
Doc. Valya Annisya