da

 

Radiobudiluhur.com – Hallo warga kampus, career day kali ini membahas tentang tips melamar pekerjaan.

Nah buat warga kampus yang udah semester akhir dan siap terjun ke dunia kerja pas banget nih.

Beberapa Tips Melamar pekerjaan : 

  •  Lamar pekerjaan yang anda minati dan yakin mampu melaksanakan.
  • Buatlah surat lamaran yang terkesan individual/personal khusus untuk perusahaan yang dimaksud jangan membuat surat lamaran yang sudah diformat secara standard atau meniru /jiplak mentah-mentah dari buku.
  • Usahakan surat tsb singkat , faktual dan menarik dengan bahasa yang jelas dan penampilan yang menarik dalam arti : rapi ( tidak ada kesalahan dalam ejaan atau tatabahasa), bersih ( tinta hitam diatas kertas putih, jangan ada koreksi seperti tippex atau perbaikan dengan pensil/bolpoin sebaiknya ketik dan cetak ulang saja ) dan selalu berusaha ditujukan kepada seseorang tertentu ( nama dan /atau jabatan yang spesifik ).
  • Surat lamaran maksimal hanya satu halaman, selalu disertai resume/C.V. (curriculum vitae) anda dan memberi impresi pertama yang positif tentang anda.

 Berapa Gaji Yang Anda Minta?

Bila dalam wawancara, Anda ditanya berapa gaji yang anda inginkan, bagaimana caramenjawab pertanyaan itu dengan baik tanpa menimbulkan kesan bahwa Anda pencari gaji tinggiatau memberi kesan berapapun imbalan yang diberikan Anda mau. Pada umumnya perusahaan sudah mempunyai rentang standar gaji untuk jabatan -jabatanyang ditawarkan. Bagi pelamar untuk posisi yang lebih tinggi dan langka biasanya memilikikekuatan tawar menawar yang lebih tinggi. Jadi dalam menjawab pertanyaan tersebut anda harusmemperoleh gambaran dulu imbalan total yang akan anda terima dalam setahun. Imbalan totaladalah gaji dan tunjangan lain yang diberikan termasuk insentif dan bonus. Selain itu perluditanyakan apakah imbalan yang ditawarkan itu termasuk PPH atau netto. Dalam menjawab pertanyaan tersebut jawablah imbalan yang anda harapkan setahun.Berdasarkan harga pasar yang sesuai untuk jabatan tersebut serta nilai tambah yang anda miliki.Jawablah dengan diplomatis

 

Cara Berpakaian Yang Baik Dalam Wawancara

Berpakaian yang “baik” dalam wawancara memang tidak dapat digeneralisasikan karenasetiap perusahaan memiliki kebiasaan-kebiasaan/budaya perusahaan yang berbeda. Namun, adabeberapa tips yang dapat diingat, antara lain: Cari informasi terlebih dahulu tentang perusahaan dan Bapak/Ibu yang akan mewawancaraianda. Beberapa perusahaan memiliki peraturan atau “kebiasaan” berpakaian secara formal, tetapiada juga yang semi formal, atau bahkan ada yang bebas. Hal ini penting, agar anda tidak dilihatsebagai “orang aneh, disesuaikan dengan posisi yang akan dilamar. Bagi pelamar pria disarankanmenggunakan kemeja lengan panjang dan berdasi, tidak perlu menggunakan jas. Berpakaian rapihdan bersih, tidak kusut. Hal ini memberi kesan bahwa anda menghargai wawancara ini. · Berpakaian dengan warna yang tidak terlalu menyolok (mis., mengkilap, ngejreng). · Bagi pelamar wanita berpakaian yang tidak terlalu ketat (rok bawah, kancing baju atasan). · Berpakaian dengan disain yang simple (tidak telalu banyak pernik-pernik, toch ini bukan acara pesta). · Tidak berlebihan dalam menggunakan wangi-wangian dan perhiasan.

 

Memilih Iklan Yang Tepat

Umumnya pencari kerja akan memberikan perhatian yang banyak pada iklan lowongankerja. Banyaknya iklan lowongan kerja bukan berarti kita dapat seenaknya mengirimkan suratlamaran. Tidak ada larangan untuk Anda mengirim surat lamaran kepada semua pemasang iklan,tetapi perlu dipertimbangkan bahwa perilaku demikian akan berdampak biaya tinggi. Beberapa tipsdalam memilih iklan lowongan kerja yang baik, seperti sebagai berikut :

  • Memberikan kejelasan jenis bisnis perusahaan tersebut. Kenapa penting?  informasi ini perludiketahui agar kita dapat mengukur apakah akan cocok dengan jenis bisnis perusahaan tersebut bilanantinya bekerja di perusahaan tersebut.
  • Syarat lamaran jelas dan terukur. Informasi persyaratan kerja perlu kita ketahui untuk bahantanya jawab wawancara. Kita dapat juga mengukur kemampuan diri apakah layak melamar keperusahaan tersebut
  • Manfaat yang di tawarkan. Kadang-kadang ada yang mencantumkan, tetapi cukup banyak yangtidak mencantumkan. Misalnya besaran gaji dan fasilitas lain yang diberikan. Jika mencantumkaninformasi ini, maka dapat kita indikasikan bahwa perusahaan tersebut telah siap menerimakaryawan sebagai suatu aset. Tetapi Andapun harus sadar, bahwa pencantuman itu menandakanbesaran prestasi yang diinginkan oleh perusahaan pemasang iklan terhadap calon pelamar.
  • Informasi perilaku kerja. Informasi ini sangat kita butuhkan untuk kesiapan mental dalammenjalankan tugas. Misalnya “bersedia melakukan perjalanan dinas keluar kota”, dan sebagainya.Kejelasan informasi ini menandakan bahwa perusahaan tersebut mengetahui benar tanggung jawabcalon pelamar jika di terima kelak.
  • Informasi dalam urutan yang logik. Misalnya ada iklan yang menyatakan persyaratan untukjabatan Sekreataris sebagai berikut : “Wanita, umur antara 20 – 23 tahun, lulus Akademi Sekretaris,pengalaman kerja minimal 5 tahun, dan seterusnya”. Jika Anda urutkan logika angka dari informasitersebut, maka akan terlihat tidak dalam urutan yang rasional. Ini menandakan bahwa pemasangiklan kurang persiapan untuk mencari tenaga yang dibutuhkannya.
  • Alamat jelas. Pastikan alamat pemasang iklan jelas.
  • Batas waktu pengiriman surat lamaran. Perlu diketahui agar kita tidak menyia-nyiakan biaya dantenaga untuk mengirim surat lamaran kepada perusahaan pemasang iklan, padahal sudah tidakdibutuhkan.
  • Media tempat pemasangan iklan. Jika iklan tersebut berada pada media terkenal dan memilikisebaran luas, maka kemungkinan akan banyak pelamar. Ini juga menandakan bahwa tingkatkompetisi pasti akan tinggi dan mempengaruhi peluang diterima bisa kecil. Tetapi iklan lowongankerja yang di pasang pada media terkenal dengan ukuran yang besar berarti perusahaan tersebutcukup bonafit.

Nah itu tips untuk warga kampus yang siap menghadapi pekerjaan. Selamat mencoba dan semoga sukses ya warga kampus.

Sumber: google.com

Artikel by : Fahmi Zain