www.radiobudiluhur.com – Gak terasa ya sudah mendekati tahun baru, yang artinya tahun 2020 akan segera berakhir dan berganti dengan tahun 2021 yang semoga akan menjadi tahun yang lebih baik dari 2020 dan pandemi juga akan segera berakhir. Warga Kampus tau gak? Kalau di Jepang terdepat beberapa perayaan yang sangat unik lho untuk memeriah kan datangnya tahun baru dan hal ini juga sangat bisa kita lakukan di tengah pandemi lho, yuk lihat beberap hal unik tersebut.

Oosouji (Membersihkan Rumah)

Oosouji merupakan kegiatan bersih-bersih yang dilakukan secara besar-besaran oleh masyarakat Jepang menjelang tahun baru. Kegiatan ini merupakan bagian dari kepercayaan Shinto dan Budha yang ingin menyambut dewa dengan kedaan lingkungan yang bersih.

Oosouji disini tidak hanya bersih-bersih untuk sekadar membersihkan debu, melainkan juga memilah-milah barang yang sudah tidak terpakai namun masih memiliki nilai guna untuk didonasikan. Kegitan ini juga tidak hanya berlaku untuk membersihkan rumah saja tetapi juga untuk membersihkan kantor, kelas, ataupun ruangan-ruangan lainnya.

 Kadomatsu (Hiasan Rumah)

Kadomatsu merupakan hiasan tahun baru yang berupa ranting daun pinus dan potongan bamboo yang ditempel pada bagian depan pintu rumah ataupun sebuah gedung.

Orang Jepang sendiri percaya bahwa para dewa atau Tuhan-nya sendiri tinggal di atas pohon. Dan ketika tahun baru tiba para leluhur akan pulang kembali ke tempat tinggal mereka yang dulu. Dan selama tahun baru, para leluhur tersebut akan menginap di dalam kodomatsu.

Kodomatsu sendiri memiliki penempatan yang khusus. Mereka dipajang secara berpasangan. Untuk perempuan akan ditempelkan pada bagian kanan sedangkan untuk pria di bagian kiri.

Kagamimochi

Dan yang terakhir adalah kagamimochi. Kagamimochi sendiri adalah dua mochi yang memiliki bentuk yang besar, besar diameternya bisa mencapai 10 hingga 20 centimeter. Ritual ini adalah ritual tahun baru yang biasa dilakukan masyarakat Jepang dengan tujuan menghidangkan mochi-mochi tersebut untuk para dewa. Namun, sekarang kegiatan tersebut sudah tidak dipercayai lagi dan hidangan mochi tersebut hanya menjadi pelengkap perayaan tahun baru saja.

 

 

Source :

Jejakpiknik.com

https://jejakpiknik.com/tahun-baru-di-jepang/

japanesestation.com

https://japanesestation.com/culture/tradition/oosouji-kebiasaan-bersih-bersih-akhir-tahun-di-jepang

tribunnews.com

https://www.tribunnews.com/internasional/2019/12/28/mengenal-kadomatsu-hiasan-tahun-baru-dari-potongan-bambu-yang-dipasang-di-rumah-warga-jepang