Radiobudiluhur.com – Hallo Warga Kampus, bentar lagi udah masuk Musim Dingin nih di Jepang! hmm
biasanya kalau udah masuk musim dingin tuh enaknya ngapain ya? Kalau cuma duduk dirumah di depan perapian kan ngebosenin juga yaa, gimana kalau kita Jalan-Jalan yeayyy!! Kalau Warga Kampus bingung mau kemana, yuk simak baik-baik karena aku mau ngasitau beberapa tempat yang enak banget dikunjungin pas musim dingin di Jepang!

1. Sapporo Yuki Matsuri
Merupakan festival salju terbesar di Jepang! kalau Warga Kampus sedang di Hokkaido tepat bulan Februari, Warga Kampus pasti tidak mau melewati event keren satu ini! Sapporo Yuki Matsuri sebuah festival salju, dimana Warga Kampus bisa menemukan berbagai replika bangunan bahkan tokoh dari seluruh dunia yang dibuat dari salju. Sapporo Yuki Matsuri diadakan saat salju sedang tebal-tebalnya di Hokkaido, yaitu sekitar awal bulan Februari, dan berlangsung lebih dari seminggu.


Tidak hanya pemandangan berbagai replika gedung dan tokoh yang putih salju saat siang hari saja, pemandangan menarik juga bisa kamu rasakan saat malam hari karena bangunan-bangunan salju ini akan dihiasi berbagai macam warna lampu saat malam hari.

2. Tateyama Kurobe Alpine Route
Tateyama merupakan nama dari sebuah gunung yang dijuluki dengan “Atap Jepang” dengan ketinggian kurang lebih 3.015 meter di atas permukaan laut. Gunung ini juga dikenal sebagai ‘Alpen’ nya Jepang.

Di sini Warga Kampus bisa merasakan pengalaman menyusuri jalan dengan tembok salju dengan ketinggian hingga 8-10 meter! Hanya saja, saking tebalnya salju, jalanan ini baru bisa dinikmati justru setelah musim dingin, yaitu sekitar pertengahan bulan April hingga Mei. Namun jangan khawatir, karena selain pemandangan jalanan ini, Warga Kampus bisa melihat indahnya pegunungan salju dari gunung Tateyama. Jangan takut untuk kelelahan mendaki, karena banyak fasilitas kendaraan seperti cable car, Highland bus, hingg Tunner Trolley Bus dan Ropeway yang bisa membawamu mengitari indahnya pegunungan Tateyama dan Danau Kurobe beserta Dam-nya yang indah.

3. Shirakawa-Go
Shirakawa-Go merupakan nama dari sebuah daerah dimana di daerah tersebut terdapat beberapa desa dengan perumahan tradisionalnya yang sangat unik dan cantik. Ogimachi adalah salah satunya. Di desa ini kamu dapat melihat rumah tradisional yang beratap tinggi dan lebar seukuran rumah itu sendiri. Pemandangan desa ini cantik saat musim apapun, tetapi banyak yang mengakui kalau pemandangan desa ini jauh lebih cantik saat musim dingin.


Salju tebal yang menutupi atap-atap rumah yang lebar menjadi pemandangan unik tersendiri di desa trasional ini. Desa ini juga merupakan salah satu desa yang menjadi situs warisan dunia oleh UNESCO karena ciri bangunannya yang tetap terjaga sejak dari jaman dahulu.

4. Blue Lake Furano


Kalau Warga Kampus kebetulan berkunjung ke Hokkaido saat musim dingin, mungkin Warga Kampus juga bisa menyempatkan untuk berkunjung ke Blue Lake atau dalam bahasa Jepangnya “Aoiike” di Furano. Warna biru yang dihasilkan dari mineral murni yang menyebabkan warna biru pada kolam ini dan warna putih dari salju yang menempel di pohon-pohon dalam danau ini membuat pemandangan syahdu yang indah dan akan membuatmu betah berlama-lama di sini. Asalkan Warga Kampus tahan dingin aja 😀
Jangan khawatir kalau sudah kedinginan, karena Warga Kampus bisa berkunjung ke Shirogane Onsen yang tidak jauh dari danau cantik yang satu ini. Awalnya danau ini adalah danau buatan untuk menahan kerusakan jika seaktu-waktu terjadi erupsi dari Gunung Tokachidake yang tak jauh dari situ, dan baru dibuka untuk umum beberapa tahun belakangan ini.

5. Jigokudani Monkey Park


Jigokudani yang berarti “Lembah Neraka” ini sejatinya adalah surga indah di utara Prefektur Nagano. Salju hampir selalu menyelimuti wilayah ini dalam 1/3 tahunnya. Warga Kampus bisa menikmati kawasan taman nasional Jigokudani Yaen-Koen yang merupakan habitat dari monyet-monyet lucu berbulu tebal yang merupakan jenis monyel salju. Warga Kampus juga bisa menikmati wilayah pedesaan dengan menyewa sepeda dan berkeliling menyusuri sungai Yokoyu yang tenang dan indah. Pemandangan unik lain saat musim dingin tiba yang juga merupakan atraksi turis terpopuler di Jigokudani adalah saat melihat monyet-monyel lucu ini berendam di Onsen.

Nah, gimana nih Warga Kampus udah nemu belum destinasi yang akan Warga
Kampus kunjungi saat musim dingin di Jepang? Kalau udah, ajak ajak yaa hihihi 😀