RadioBudiLuhur.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mencatat lima daerah tak mengikuti Ujian Nasional (UN) untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang digelar Senin (16/3) berkaitan dengan virus corona. Info dari beberapa daerah yang UN (SMK) ditunda adalah DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat, Banten dan Bali, tutur Direktur SMK Kemendikbud Bakrun kepada CNNIndonesia.com melalui pesan singkat.

Ia menyatakan belum ada laporan lebih lanjut mengenai daerah lain yang menunda UN SMK untuk menekan penyebaran virus corona. Untuk daerah yang menunda UN, kata Bakrun, penjadwalan ulang akan dirumuskan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) dan Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendikbud.Kepala BSNP Abdul Muti menyatakan UN untuk pendidik menengah di Indonesia tetap dilakukan sesuai jadwal. Ketentuan berbeda berlaku bagi daerah yang dinyatakan memiliki peristiwa luar biasa.

Dalam hal di mana pemerintah provinsi atau kabupaten/kota menyatakan keadaan darurat di wilayahnya, maka pelaksanaan UN dapat dijadwalkan tersendiri dengan keputusan penyelenggara dan panitia UN pusat, tuturnya. Kemendikbud menetapkan jadwal UN 2020 digelar mulai Maret hingga Mei nanti. Jadwalnya ditetapkan sesuai jenjang pendidikan.Yang paling pertama menggelar UN adalah jenjang SMK, yakni 16 sampai 19 Maret. Siswa SMK diberikan kesempatan susulan pada 7 sampai 8 April. Kemudian UN untuk jenjang SMA akan digelar 20 sampai 23 April. Ujian susulan bakal digelar 29 sampai 30 April.

Terakhir untuk Ujian Nasional penyetaraan, kategorinya dibagi menjadi dua. Yakni UN Paket C pada 4 sampai 7 April. Kemudian susulan di 18 sampai 19 April. Dan UN Paket B 2 sampai 4 Mei, diikuti jadwal susulan pada 9 sampai 11 Mei. Menyusul Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, sejumlah kepala daerah mengimbau sekolah meliburkan siswanya untuk

menekan penyebaran virus corona di lingkungan pendidikan. Misalnya juga dilakukan oleh Jawa Tengah, Jawa Barat, Aceh, Jambi hingga NTB. Sebagian daerah tersebut juga mengundur UN Yang harusnya dilalui siswa tingkat akhir jenjang sekolah.

Source: Jakarta, CNN Indonesia.