www.radiobudiluhur.com – Berita mengejutkan datang dari klub sepak bola eropa, yaitu sebanyak 12 klub raksasa eropa menyetujui adanya kompetisi baru yang bernama European Super League (ESL).

Apa itu ESL? ESL adalah kompetisi eksklusif yang isinya adalah klub klub besar di eropa yang berjumlah 20 team dan dibagi menjadi 2 grup. Sejauh ini, sudah ada 12 klub yang mengikuti, antara lain ada Liverpool, Manchester United, Arsenal, Tottenham Hotspurs, Chelsea, Manchester City, Barcelona, Real Madrid, Atletico Madrid, Inter Milan, AC Milan, dan Juventus.

Banyak yang menolak dengan adanya ESL, dengan alasan bisa membuat merusak nilai kompetitif, dan hanya memikirkan uang. Karena memang hadiah dari pemenang ESL sebesar 310 Juta Poundsterling, yang dimana 3x lipat dari hadiah pemenang di UEFA Champions League.

Bahkan dari UEFA pun sudah memberi tanggapan dengan adanya kompetisi ESL ini. Bagi yang mengikuti kompetisi ESL, maka tidak boleh bermain di kompetisi Champions League, tidak boleh bermain di kompetisi domestik, serta para pemain yang bermain di kompetisi ESL, tidak boleh membela negaranya di EURO dan FIFA World Cup atau Piala dunia.

Ini merupakan ancaman serius bagi para UEFA, FIFA, maupun para penikmat sepak bola. Bagaimana tidak? Karena akan banyak dampaknya apabila ESL tetap bergulir. Diantaranya, klub liga domestik menjadi kurang diminati penonton, karena klub besar eropa bermain di ESL, yang membuat banyak kerugian, sehingga bisa membuat para klub dan pemain tidak bisa berkembang.

ESL sudah lama direncanakan, dan sampai sekarang masih banyak yang mengecam adanya ESL. Tetapi, ESL dibuat karena banyak pihak klub yang merasa tidak mendapatkan untung, bahkan rugi karena hadiah dari kompetisi domestic maupun Champions League, tidak bisa menutupi para gaji pemain dan pelatih yang biaya nya juga sangat besar.

Jadi gimana menurut Warga Kampus, lebih setuju diadain atau engga, nihh?