www.radiobudiluhur.com – Badai salju tengah melanda Jepang. Kali ini diberitahukan pada Rabu malam 16 Desember 2020, di kedua sisi jalan Tol Kanetsu yang menghubungkan antara Tokyo dan Niigata kerap dilanda badai salju yang cukup dasyat sehingga membuat 1000 lebih kendaraan harus terjebak di sepanjang tol.

Memang dalam beberapa hari belakangan, badai salju turun dengan cukup deras pada perfektur Niigata dan Ginma. Derasnya hujan salju juga membuat ketinggian salju mencapai 1,8 meter. Hal ini juga berdampak pada jalan tol di mana tumpukan salju juga kerap memenuhi jalan tol hingga 16 km.

Salah seorang pengendara juga mengatakan bahwa derasnya salju juga telah mengubur sebagian mobilnya. Persediaan seperti makanan ataupun minuman yang ia bawa pun juga akan segera habis. Sedangkan pengendara lainnya, yakni wanita dengan usia kisaran 30 tahun harus dilarikan kerumah sakit karena tidak bisa bernapas akibat terlalu lama terjebak kemacatan.

Aparat keamanan serta operator jalan raya East Nippon Expressway juga turut andil membantu dalam bencana ini dengan membagi-bagikan makanan, minuman, serta menyediakan toilet portable bagi para pengendera yang terjebak di jalan tol akibat badai salju.

Perdana menteri Yoshihide Suga juga mengarahkan pihak yang berwenang untuk memberikan bantuan pada pengendara yang terjebak badai salju usai menerima permintaan tolong dari gubernur setempat. Selain dari makanan dan minuman yang diberikan, terdapat tambahan seperti selimut dan bahan bakar yang juga diberikan kepada para pengendara.

Usai rapat, Perdana Menteri Suga juga memperingatkan masyarakat untuk tetap waspada terhadap badai salju susulan yang kemungkinan akan melanda. Ia juga mempertingati untuk tetap waspada saat berlalu lintas dan tetap hati-hati jika kemungkinan ada longsoran salju atau sebagainya. Sebab badai salju yang terjadi saat ini tak hanya berdampak pada lalu lintas saja, melainkan beberapa rumah banyak yang diisolasi. Hal ini juga diperkuat oleh badan meteorology Jepang yang mengatakan bahwa kota-kota besar di Jepang suhunya juga mencapai minus 0 hingga 1,3 derajat celcius. Bahkan turunnya salju yang cukup lebat juga membuat beberapa pohon tumbang.

Source

Idntimes.com

https://www.idntimes.com/news/world/calledasia/badai-salju-landa-jepang-ribuan-mobil-terjebak-di-jalan-c1c2/3

oto.detik.com

https://oto.detik.com/berita/d-5302079/jepang-alami-badai-salju-1000-mobil-terjebak-di-jalan-tol

news.detik.com

https://news.detik.com/internasional/d-3853241/1000-mobil-terjebak-hujan-salju-lebat-di-jepang