Tuduhan Dispatch Terhadap Park Jin Young Terkait Sekte Aliran Sesat

Radiobudiluhur.com-Annyeong warga kampus, berita kali ini datang dari CEO JYP yang kita kenal dengan nama Park Jin Young. Belum lama ini Dispatch merilis sebuah foto dan mengatakan bahwa CEO sekaligus penyanyi Park Jing Young tergabung dalam sebuah sekte keagamaan yang bernama ‘Sekte Salvation’ atau sekte keselamatan yang disebut-sebut sebagai sekte sesat.

Sekte salvation diketahui sebagai sekte yang sangat terlibat dalam skema piramida. Sekte ini jug telah diselidiki oleh polisi Korea dalam berbagai kesempatan. Dari beberapa laporan media juga mengklaim anggota dapat menerima pekerjaan di perusahaan yang terhubung dengan aliran sesat ini. Sumbangan dari anggota digunakan oleh sang ‘Pemimpin Kepala’ sebagai jaminan untuk menerima pinjaman.

Sekte salvation ini memili 60 cabang di Korea Selatan dengan lebih dari 200.000 anggota yang tinggal di seluruh dunia. Kwon Shin Chan adalah orang yang menciptakan doktrin Sekte Salvation yang kemudian disebarluaskan oleh menantunya, Yoo Byung Eun.

setelah Dispatch merilis artikel panjang soal keterlibatannya dalam aliran keagamaan yang pernah dipimpin oleh Yoo Byung-un, Park Jin Young merilis pernyataan resmi. Dalam peryataan tersebut, ia mengatakan tidak terlibat dengan aliran apapun. Ia memang mengikuti kelompok keagamaan, namun untuk berbagi ilmu dari Alkitab dan tidak terlibat dalam aliran yang dituduhkan.

Berita soal keikutsertaan JYP dalam kelompok keagamaan ini dilansir oleh media Korea, Dispatch, Rabu (2/5). Dalam laporannya, Dispatch menulis kelompok tersebut dulunya dipimpin oleh Yoo Byung-un, pria pemilik kapal feri Sewol yang tenggelam pada 2014 lalu.

Yoo Byung-un yang tewas pada 2014 dikenal sebagai pria yang sering dicurigai menjalankan bisnis ilegal bahkan kabarnya pernah terbukti melakukan pembunuhan.

Kecurigaan netizen juga semakin kuat lantaran istri dari JYP adalah keponakan dari Yoo Byung-un. Dalam laporannya, Dispatch juga melampirkan foto-foto dan video saat JYP dan aktor Bae Yong-joon dikabarkan tengah memberikan ceramah kepada anggota aliran tersebut pada 20 Maret 2018 lalu.

Namun kemudian, Dispatch akhirnya angkat bicara dan ungkap permintaan maaf. Dispatch mengomentari laporan outlet media tentang dugaan J.Y. Park memiliki hubungan dengan sekte sesat, yang dia dan sekte secara resmi telah bantah. Meskipun klaim Dispatch telah dinyatakan secara resmi bahwa itu salah, desas-desus telah merusak dan berefek pada saham JYP Entertainment.

Akhirnya, Dispatch meminta maaf bahwa kontroversi ini tumpang tindih dengan laporan terkait kontroversi kecurangan perusahaan Samsung dan menyangkal ada konspirasi kerja sama dengan Samsung untuk menutupi dugaan masalah hukum.

Waah, semoga Park Jin Young bukanlah anggota dari sekte yang sesat ya warga kampus!

Diah Larasati

An introvert nerd that fell in love with all about Korea.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *