STEI Alive 4 Event untuk Memperingati Hari AIDS Sedunia

Radiobudiluhur.com – STEI Alive event untuk memperingati hari AIDS sedunia dilaksanakan pada Sabtu, 2 Desember 2017. Hari Aids sedunia yang jatuh pada 1 Desember 2017 nggak didiamkan begitu aja nih oleh Radio Tiara.

Seperti yang kita tahu HIV dan AIDS berbeda. HIV adalah Human Immunodeficiency Virus yang menyerang sel darah putih didalam tubuh sehingga menyebabkan turunnya kekebalan. Sedangkan AIDS atau  Acquired Immune Deficiency Syndrome adalah sekumpulan penyakit yang timbul akibat turunnya kekebalan tubuh.

Dilansir dari Yayasan Spiritia, yaitu dari bulan Oktober hingga Desember 2016 jumlah AIDS di Indonesia dilaporkan sebanyak 3812 orang. Presentae AIDS tertinggi pada kelompok umur 30 – 39 tahun sebanyak 35,3%. Kedua, kelompok umur 20 – 29 tahun sebanyak 32,3%. Kemudian, kelompok umur 40 – 49 tahun dengan presentase 16,2%. Presentase faktor resiko AIDS tertinggi adalah hubungan seks beresiko pada heteroseksual dengan banyak senilai 71,9%. Setelah itu homoseksual yaitu 21,3%, peninatal 3,6%, dan penggunaan jarum suntik tidak steril 2,5%.

Kemudian, berikut menurut Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI pada tahun 2014. Berdasarkan kasus AIDS yang dilaporkan sejak 1987 sampai September 2014 yang terbanyak berasal dari Provinsi Papua. Menurut jenis pekerjaan penderita AIDS Indonesia sebanyak 6.539 orang merupakan ibu rumah tangga.

Dengan itu, Radio Tiara merayakan hari AIDS sedunia di Café Deebong, Jakarta Timur. STEI Alive adalah event regular tiap tahun yang telah diadakan sejak tahun 2012. Ini merupakan wadah aspirasi masyarakat yang menyuarakan kepedulian terhadap wabah HIV/AIDS dan Hari HIV/AIDS sedunia.

Dalam kegiatan ini rangkaian acara yang memiliki nilai – nilai positif dan juga mendatangkan guest star yang menghibur. Banyak orang yang tidak tahu betul tentang HIV/AIDS dan juga penderitanya. Oleh karena itu dalam acara ini terdapat penyuluhan HIV/AIDS. Bertujuan memberikan pemahaman maupun informasi kepada masyarakat tentang bahaya HIV/AIDS,bagaimana cara penularan HIV/AIDS,serta pencegahan HIV/AIDS.

Bukan hanya penyuluhan sekitar HIV/AIDS tetapi ada juga hiburan dari pertunjukkan band AB Squad.

Monkey Boots pun tak mau kalah untuk ikut memeriahkan acara.

Ilham dari ajang pencarian berbakat Rising Star juga ikut datang menghibur para pengunjung.

Tak hanya penyuluhan dan hiburan, acara ini juga menebarkan kebaikan lainnya. Pemberian donasi kepada Yayasan Spiritia sebesar Rp 21.205.000.

Itu dia serangkaian kegiatan di dalam Event STEI Alive 4. Dengan hari AIDS sedunia adalah untuk mengingatkan kita tidak melakukan hal – hal yang merusak diri sendiri. Bukan hanya itu, tetapi juga tidak mengucilkan para penderitanya.

Maya Ayesha
Follow me

Maya Ayesha

Mahasiswa at Budi Luhur
Veteran directioner yang dengerin musik - musik joe hisaishi, dan suka bahasa - bahasa penjajah (Jepang & Spanyol)
Maya Ayesha
Follow me

Maya Ayesha

Veteran directioner yang dengerin musik - musik joe hisaishi, dan suka bahasa - bahasa penjajah (Jepang & Spanyol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *