RadioBudiLuhur.com – Warga kampus, staf khusus presiden diumumkan cuitan ditwitter pun tidak terelakkan. Pada Rabu (21/11) Presiden Joko Widodo mengumumkan staf khusus presiden yang akan membantunya dalam periode kedua. 7 dari 14 staf khusus periode kedua ini merupakan generasi milenial yang sebelumnya tidak pernah terjadi sepanjang sejarah kepresidenan.

Twitter yang menjadi platform bagi setiap orang untuk bertukar pikiran pun ramai dengan “Putri Tanjung” atau “stafsus” yang masuk kedalam urutan twitter trending. Jadi, sebenarnya siapa saja sih mereka? Yang membuat orang – orang ramai membicarakannya di Twitter.

Angkie Yudistia, Pendiri Thisable Enterprise
Angkie Yudistya seorang wanita 32 tahun yang mengagungkan merupakan pendiri Thisable Enterprise. Thisale Enterprise adalah perusahaan yang bergerak pada bidang sosial untuk memberdayakan disabilitas Indonesia secara ekonomi untuk terjun kedalam dunia kerja. Perusahaan itu sendiri didirikan oleh Angkie yang seorang turang rungu dan salah satu finalis None Jakarta 2008.

Belva Syah Devara, Pendiri Ruang Guru
Belva Syah Devara pemuda berprestasi Indonesia yang karya dan kerjanya telah diapresiasi diluar negeri semenjak dibangku perkuliahan. Salah satunya, yaitu mendapatkan 3 Lee Kuan Yew Gold Medal yang merupakan penghargaan akademik paling bergengsi di Singapura.

Belva merupakan lulusan Nanyang Technological University yang mendapatkan beasiswa penuh dari Pemerintah Singapura. Kemudian, dia melanjutkan gelar masternya di Stanford dengan master administrasi bisnis, dan Harvard dengan master administrasi publik. Selain itu, Belva berkarir untuk negeri dengan mendirikan ruang guru yang merupakan aplikasi pembelajaran bagi siswa – siswi sekolah.

Ayu Kartika Dewi, Perumus Pergerakan Sabang Merauke.

Ayu Kartika Dewi adalah seorang pejuang perdamaian melalui toleransi keberagaman. Ia mendirikan pergerakan Sabang Merauke, yaitu program yang mengirimkan delegasi – delegasi daerah untuk tinggal bersama keluarga dan rekan – rekan diluar yang mereka biasa temui. Kemudian, setelah delegasi pulang ke daerahnya masing, mereka menjadi duta perdamaian didaerah asalnya. Tidak berhenti di situ, Ayu yang gusar melihat kuatnya isu konservatisme dan toleransi yang akhir – akhir ini terjadi dikalangan anak muda akhirnya melanjutkan pengelanaannya. Ayu mendirikan Milenial Islami yang menggunakan sosial media untuk menggaungkan islam moderat.

Putri Indahsari Tanjung, CEO dan Founder Creativepreneur
Putri Indahsari Tanjung atau yang lebih dikenal dengan Putri Tanjung merupakan nama tersohor yang banyak orang tahu. Putri dari Chairul Tanjung yang baru berusia 23 tahun ini merupakan CEO dan founder Creativepreneur. Putri merupakan jebolan Academy of Art San Francisco. Creativepreneur sendiri bergerak pada bidang event organizer dan kerap membuat acara yang bertemakan anak muda dan kewirausahaan dengan konsep khas milenial. Kini Putri memiliki event organizer (EO) bernama Creativepreneur Event Creator. Melalui EO yang ia miliki, Putri kerap membuat acara yang bertemakan anak muda dan kewirausahaan dengan konsep khas milenial.

Andi Taufan Garuda Putra, CEO Amarta
Andi Taufan Garuda Putra adalah merupakan pendiri sekaligus Chief Executive Officer (CEO) dari PT Amartha Mikro Fintek. Perusahaan ini bergerak pada teknologi finansial peer-to-peer landing. Ia sebelumnya juga sempat bekerja sebagai konsultan untuk IBM Global Business Services dari situ Andi melihat bagaimana masyarakat kesulitan mendapatkan akses finansial. Setelah meraih gelar masternya di Universitas Harvard Andi merintis start up fintek Amarta.

Gracia Billy Mambrasar, Pemuda asal Papua yang mendapatkan Beasiswa di Universitas Oxford

Gracia Billy Mambrasar pemuda berprestasi asal Papua sekaligus CEO Kitong Bisa Foundation adalah salah satu dari stafsus presiden. Ia telah Sembilan tahun melakukan pembangunan didaerah terluar Indonesia dengan melatih anak muda menjadi wirausaha. Dalam acara pengenalan staf khusus Presiden pada Rabu (21/11) Billy menyatakan, “…Dan saya akan membawa pengalaman saya untuk membantu presiden dan pemerintah Indonesia untuk menjangkau daerah-daerah terluar secara digital dan mengurani digital divide, jadi itu suasana berbeda yang akan kami bawa ujarnya.

Aminuddin Maruf, Mantan Ketua Umum Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII)
Periode 2014-2017 Aminuddin Ma’ruf merupakan mantan Ketua Umum PMII sekaligus pernah menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Solidaritas Ulama Muda Jokowi (Samawi). Amin berasal dari almamater S1 Universitas Negeri Jakarta, dan S2 Universitas Trisakti.

Presiden Joko Widodo mengutus 7 diantara 14 staf khusus presiden ini untuk memberikan perubahan dan ide – ide segar dari anak muda. Selain itu, Presiden Jokowi juga memberikan gambaran waktu kepada pers untuk ketujuh stafsus ini Tidak fulltime, beliau sudah memiliki kegiatan dan pekerjaan yang bisa mingguan, tidak harus ketemu. Tapi minimal seminggu, dua minggu pasti ketemu tuturnya.

Jadi, warga kampus itu dia ketujuh stafsus Presiden Joko Widodo periode kedua. Nah, bagaimana menurut kamu ?

Follow me

Maya Ayesha

Mahasiswa at Budi Luhur
Veteran directioner yang dengerin musik - musik joe hisaishi, dan suka bahasa - bahasa penjajah (Jepang & Spanyol)
Maya Ayesha
Follow me