Radiobudiluhur.com – Warga Kampus, Zona Sport kembali hadir minggu ini dengan berita duka dalam dunia Sepak Bola. Salah satu supporter Persib atau biasa disebut Bobotoh, Ricko Andrean (22) menjadi korban salah sasaran pada saat pertandingan Persib vs Persija di GBLA, Sabtu (22/7/2017). Pada pertandingan yang djuluki el clasico Indonesia ini memang berjalan dengan tempo tinggi hingga ada yang mendapatkan kartu merah. Bukan hanya di dalam lapangan saja, di tribun penonton terjadi keributan yang cukup menarik perhatian orang-orang yang berada disana. Disaat para pemain istirahat menjelang babak kedua, ada sebuah insiden pengeroyokan kepada Ricko, mengapa bisa? Begini kronologis singkatnya. Awalnya Ricko bersama temannya sedang makan di tribun utara, saat makan Ricko melihat ada keributan di tribun utara atas, sontak Ricko menghampiri ke area tersebut. Mungkin disinilah awal mula Ricko menjadi korban pengeroyokan para supporter Persib, Ricko tidak mengenakan baju Bobotoh karena pada saat itu ia sedang melepas bajunya karena merasa gerah. Lebih naasnya lagi, ada oknum Jak Mania yang datang dan menjadi target lalu bersembunyi dibalik badannya. Emosi sudah menguras hati, Ricko dianggap supporter The Jak dan disitulah Ricko sudah tak berdaya karena luapan Emosi para Bobotoh. Pada hari Kamis (27/7) Ricko menghembuskan nafas terakhirnya di RS Santo Yusuf Bandung.

Kejadian ini kembali mengingatkan kita pada memori kelam di Persepakbolaan Indonesia. Olahraga yang dianggap sebagai Olahraga terbesar di Indonesia selalu rutin menyebabkan Suporternya meninggal, Sudah 55 Orang (termasuk Ricko) sejak tahun 1995. Lalu apa yang salah dari semua ini ? bukankah menonton klub kesayangan itu membuat kita bahagia dan menyehatkan ?  salah satu manfaatnya yaitu mengurangi stress karena merasa bahagia saat menonton sepak bola, apalagi saat timnya menang hehehe.

Semoga tragedy tewasnya Alm.Ricko ini menjadi pembelajaran bagi kita, bahwa Sepak Bola itu hanya untuk orang-orang yang menikmati dengan cara positif tanpa adanya emosi yang menyebabkan tragedy yang kita tidak inginkan.

Follow me

Futra Ramadhanna

Mahasiswa at Budi Luhur
Mahasiswa Public Relations.Penggila Sepak Bola dan Manchester City
Futra Ramadhanna
Follow me

Latest posts by Futra Ramadhanna (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *