RadioBudiLuhur.com – Jakarta, 2 oktober 2019,- Seminar Nasional ASPIKOM merupakan Seminar Nasional rutin yang diadakan oleh Asosiasi Pendidikan Ilmu Tinggi Komunikasi atau ASPIKOM yang kali ini bertempat di teater Universitas Budi Luhur, Jakarta Selatan.

Pada seminar nasional yang diadakan oleh ASPIKOM tahun ini mengusung pembahasan tentang peluang serta tantangan yang akan di hadapi oleh pelaku, calon pelaku serta akademisi dalam ilmu komunikasi. Dihadiri oleh tiga pembicara yang sangat kompeten serta memiliki peranan penting dalam industri komunikasi yakni Dr. Muhammad Sulhan, M.Si selalu ketua umum ASPIKOM Pusat, Adrian Sarkawie seorang CEO Mahaka Radio Integra yang membawahi beberapa radio ternama di Jakarta yakni Gen Fm, Jak FM dan kis FM, serta ada pula Rachmadin Ismail yang merupakan seorang wakil redaksi disebuah website berita yang sangat kredibel di Indonesia yakni Kumparan.com. Seminar Nasional ini berlangsung dengan serius namun juga santai karena diselipkan candaan mengenai komunikasi dan pembahasan mengenai tantangan yang akan di hadapi oleh para pelaku industri komunikasi masa kini adalah daya saing banyak yang bahkan bukan saja berasal dari jurusan komunikasi.

dari 200 orang jurnalis yang ada dikumparan hanya 10% yang berasal dari jurusan komunikasi, Tutur Rachmadin Ismail. Jika hanya ada 10% dari seluruh total jurnalis yang berada di Kumparan berarti sangat lah sedikit orang yang berasal dari jurusan komunikasi hal ini tentu membuat risau para akademisi serta calon pelaku industri komunikasi.

Septian Ardiansyah

Mahasiswa Broadcasting Universitas Budi Luhur.
Seorang anak bungsu yang dilatih menjadi anak sulung.
Septian Ardiansyah