RadioBudiLuhur.com – Persija Jakarta memastikan diri menjadi juara Liga 1 2018 setelah di pertandingan pekan 34 mengalahkan Mitra Kukar dengan skor 2-1 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Minggu 9 desember 2018. Pertandingan berlangsung dengan seru dan dramatis. Kedua tim sama-sama ngotot untuk menang karena hasil akhirnya sangat penting bagi mereka. Jika menang, Persija juara dan jika Mitra Kukar menang mereka bisa selamat dari jerat degradasi.

Persija mengawali laga dengan bermain agresif. Mereka ingin bisa secepatnya mencetak gol. Pada akhirnya tim asuhan Stefano Cugurra Teco itu bisa membuka keunggulannya pada menit ke-16. Wasit menunjuk titik putih setelah wasit mengaggap Simic dilanggar di kotak penalti.

Pada menit ke-17, Simic sendiri yang mengeksekusi penalti tersebut. Tendangan mendatarnya mengarah masuk ke sisi kanan bawah gawang Mitra Kukar dengan mulus. Arah tendangan sempat terbaca Yoo Jaehoon, namun ia gagal menjangkau si kulit bundar.

setelah beberapa kali digempur, pada akhirnya pertahanan Mitra Kukar jebol juga. Kali ini melalui tandukan Simic pada menit ke-70. Gol ini berawal dari sepak pojok yang kemudian berbuah kemelut di kotak penalti Naga Mekes. Gol ini sempat diprotes oleh pemain Mitra Kukar. Sebab mereka merasa Yoo Jaehun sempat dilanggar dahulu oleh Ramdani Lestaluhu.

Pada menit 68, Mitra Kukar sempat mendapat penalti. Sebab Rohit Chand dianggap melakukan handball. Namun sepakan Fernando Ortega bisa diblok oleh Andritany. Mitra Kukar kemudian sempat mencetak gol melalui Ortega. Akan tetapi, gol itu dianulir karena pemain Naga Mekes melakukan pelanggaran pada Andritany.

Meski demikian Mitra Kukar tak patah arang. Mereka terus menyerang. Usaha mereka membuahkan hasil pada menit 88. Tendangan keras pemain pengganti Aldino Herdianto gagal dibendung oleh Andritany. 2-1. Wasit sempat memberikan waktu tambahan selama tiga menit. Namun hingga laga berakhir, MItra Kukar tak bisa menambah gol. Persija pun menang 2-1.

Kemenangan ini memastikan Persija menjadi juara Liga 1 2018. Macan Kemayoran mengoleksi 62 poin dari 34 pertandingan. Poin mereka tak terkejar oleh PSM Makassar yang meskipun menang atas PSMS Medan di waktu yang sama, hanya bisa mengoleksi 61 poin.