Perayaan Natal di Jepang

Perayaan natal di Jepang memiliki beberapa perbedaan dari persepsi orang kebanyakan. Pemeluk agama di Jepang menurut data statistik 2017, dua agama mayoritasnya adalah Shinto dan Buddha. Kemudian, agama Kristen hanyalah 1,5%.  Dengan begitu, perayaan natal di Jepang lebih kepada waktu untuk menyebarkan kebahagiaan, melainkan sebuah perayaan agama.

Malam Hari Natal sebagai Hari yang Romantis

            Malam hari natal atau Christmas eve biasanya lebih sering dirayakan dibandingkan hari natalnya. Tahun ini malam hari natal jatuh pada 24 Desember. Pada malam itu dianggap sebagai hari yang romantis, dimana para pasangan menghabiskan waktu bersama dan bertukar hadiah. Pasangan – pasangan muda suka berjalan – jalan untuk melihat lampu natal dan memiliki makan malam romantis berdua. Oleh karena itu saat malam hari natal dapat sangat susah untuk memesan meja makan di Rumah – Rumah Makan.

KFC sebagai Makan Malam pada Hari Natal

Nah ini dia yang unik pada hari natal di Jepang. Orang – orang mengantri sampai membuat antrian panjang di gerai KFC. Setiap musim natal, sekitar 3.6 juta keluarga Jepang memanjakan diri mereka dengan Kentucky Fried Chicken alias KFC. Kebiasaan ini sudah menjadi tradisi di Jepang. Semua berawal dari iklan KFC pada 1974 yang mengkampanyekan “Kentucky untuk Natal” atau bahasa jepangnya “Kurisimasu ni wa Kentakki.” Iklan itu pun sangat sukses dan menjadikan KFC sangat populer saat natal.

 Kue Natal    

Kue natal telah menjadi makanan pencuci mulut untuk malam natal di Jepang. Biasanya kue tersebut adalah kue sponge yang didekorasi dengan whipped cream dan stroberi. Kue tersebut dikenal juga sebagai strawberry shortcake.

Hari Natal bukanlah Hari Libur Nasional

Hari natal tidak termasuk kedalam hari libur nasional. Meski begitu kebanyakan sekolah libur pada hari natal. Hari ulang tahun Kaisar Jepang yang jatuh pada tanggal 23 Desember merupakan hari libur nasional. Kemudian, juga ada libur akhir tahun. Sehingga, hari libur biasanya dimulai dari tanggal 23 Desember. Tapi kebanyakan perkantoran tetap menjadikan tanggal 25 Desember sebagai hari kerja.

Pengantar Hadiah Natal

Sinterklas yang terkenal dengan jenggot putih dan baju hangatnya yang berwarna merah putih adalah pengantar hadiah. Dia populer di kalangan anak kecil pada hari natal. Namun ternyata sebutan Sinterklas di Jepang adalah Santa San. Tetapi bukan hanya Santa San yang dipercaya sebagai pengantar hadiah natal, ada juga Hoteiosho. Ya, dia adalah dewa Jepang pembawa nasib baik dari ajaran Buddha.

 

 

Maya Ayesha
Follow me

Maya Ayesha

Mahasiswa at Budi Luhur
Veteran directioner yang dengerin musik - musik joe hisaishi, dan suka bahasa - bahasa penjajah (Jepang & Spanyol)
Maya Ayesha
Follow me

Latest posts by Maya Ayesha (see all)

Maya Ayesha

Veteran directioner yang dengerin musik - musik joe hisaishi, dan suka bahasa - bahasa penjajah (Jepang & Spanyol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *