Penyelamat Di Hari Pertama Kerja Warga Kampus!

Radiobudiluhur.com– Setelah masa persiapan interview yang bikin cape dan interview yang menegangkan pasti rasanya lega banget. Tapi apa warga kampus udah siap untuk masuk kekantor dihari pertama? takut saltum takut salah ucap, takut tidak cocok dengan orang disana atau bahkan takut salah memilih teman dekat?  karena pikiran-pikiran seperti itu hari pertama warga kampus hancur? no no no jangan sampai deh itu kejadian!

 

Makanya nih Radio Budi Luhur bakal kasih tau, gimana caranya ‘menyelamatkan diri’ dihari pertama!

  1. “You Are My Sunshine”

Datanglah kekantor  satu – dua jam sebelum waktunya. Selain bisa memilih baju agar tidak saltum, warga kampus bisa bernapas dulu dan membiasakan diri dengan tempat-tempat dikantor. Cek ruangan rapat dimana, divisi marketing dimana pantry bahkan dimana toilet harus dicari tahu. Siapa tau kalau atasan menyuruh sesuatu, warga kampus bisa bergerak cepat tanpa bingung lagi nanti.

 

Say hi kejanitor atau office boy sebelum yang lain datang bisa warga kampus lakukan. Jangan cuman mau kenalan sama atasan, office boy, satpam, janitor itu juga mempunyai banyak peran dalam kehidupan kantor warga kampus!

 

  1. “Nice To Meat Ya!”

            Pegawai kantor dan atasan udah mulai pada dateng nih, ini saatnya warga kampus beraksi! Ayo perkenalkan diri duluan, gausah lebay cukup kenalin nama aja dan dari situ bakal timbul percakapan lain deh. Kalau berinisiati duluan seperti ini, warga kampus akan dianggap sebagai orang yang aktif dan punya jiwa sosial yang tinggi.

Pegawai lain bakal merasa nyaman dan lebih cepat akrab, tapi jangan lupa buat inget nama-nama mereka! kalau lupa minta maaf dulu, baru tanya lagi. But kalau warga kampus merasa gaenak coba tanya yang lain, usahakan cepat-cepat menghafal nama pegawai lain apalagi atasan.

 

  1. “Let’s Taco About Us”

            Hal simpel namun ternyata penting untuk kehidupan sosial dan jaringan warga kampus! tempat makan biasanya dimana warga kampus bisa lebih tau sifat pegawai lain. Untuk hari pertama warga kampus ikutin aja kemana pegawai lain kebanyakan pergi. Tapi kalau ternyata tidak cocok, warga kampus bisa cari tempat baru dan mengajak orang terdekat.

Lalu ketika makan biasanya pegawai lain suka membuka percakapan. Disaat ini warga kampus harus hati-hati! hal ini bisa jadi boomerang buat warga kampus. Kalau misalnya mereka menggosipkan pegawai lain atau bahkan atasan, lebih aman kalau warga kampus tutup mulut saja. Warga kampus masih baru bisa-bisa menimbulkan image buruk nantinya, atau bahkan menjadi penyesalan tersendiri.

 

  1. “Always Listening, Always Understanding”

           

            Saat hari pertama adalah waktunya menjadi seorang obervator. Dengarkan baik-baik perkataan rekan kerja, saran apapun karena warga kampus sedang berusaha membangun relasi baru. Bisa saja loh ada hal-hal penting yang ‘tidak tertulis’ dan dikasih tau sama pegawai kantor. Jadi buka telinga dan mata ya!

Tunjukkan sikap yang positif dan penuh semangat. Kalau lesu dihari pertama akan meninggalkan kesan buruk atau malah tiba-tiba diomeli atasan. Tapi jangan juga bersikap sok tahu, boleh ingin memperlihatkan kemampuan tapi pelan-pelan saja.

 

  1. “I’m Not Going Anywhere. I’m Faking Sick”

Hindari untuk berbohong sebagai alasan mengambil cuti. Memang bekerja itu melelahkan tapi kalau terus berlanjut, bisa menimbulkan rasa ketidak percayaan dan pandangan minus dari rekan dan atasan. Apalagi kalau warga kampus kegap, bilangnya sakit tapi jalan-jalan duh!

Bisa kok sebenarnya refreshing dikantor, tapi bukan berarti itu yang harus diutamakan. Kalau misalnya warga kampus punya kerjaan sampingan berdasarkan hobi (ngedit, penulis lepas, dll). Tolong lakukannya diluar jam kantor, jangan sampai warga kampus mengerjakannya disaat jam kerja, pakai fasilitas kantor lagi. Bisa-bisa kalau ketauan bakal kena apes dari atasan!

  1. “We Gonna Party All Night Long”

 

Sebisa mungkin saat awal-awal warga kampus bekerja, jangan pulang tepat waktu. Sepertinya sih secara tidak langsung ini merupakan peraturan ‘tidak tertulis’ dikantor, dan berlaku untuk anak-anak baru biasanya.

Atau tidak biasanya pegawai kantor bahkan atasan suka mengajak untuk berjalan-jalan sepulang kerja. Nah lagi-lagi kesempatan nih warga kampus, kalau ikut bisa memperluas jaringan dan pertemanan bahkan mengakrabkan diri. Tapi kalau memang ada hal sangat penting, pulang saja. Tapi beritahu yang lain dan alasannya, agar mereka tidak berpikir yang tidak-tidak. Lagipula kalau main pergi saja, akan terlihat kurang sopan.

 

  1. “Just Stay Calm and You Will Get Through It”

Merasa bingung mana yang harus diikuti? tidak nyaman dengan salah satu aturan perusahaan? bukan berarti warga kampus harus menjadi seorang law breaker diperusahaan. Mau dimana-mana pasti ada peraturan, dirumah aja kadang ada peraturan. Kalau warga kampus seperti itu, warga kampus perlu mentor nih.

 

Mentor yang dimaksud adalah salah satu senior diperusahaan  yang memang merupakan orang baik,tegas dan mengerjakan pekerjaannya dengan baik. Selain memotivasi, bisa mengingatkan warga kampus kalau terlena untuk melakukan hal yang tidak seharusnya. Orang tersebut, juga bisa mengenalkan 1001 hal tentang perusahaan yang harus diketahui loh!

 

Sarahwinanti Pratiwi Rachmani

Sarahwinanti Pratiwi Rachmani

Mahasiswa at Budi Luhur
Just a random teenage girl who love to read, writing, dancing, eat and have big desire in traveling
Sarahwinanti Pratiwi Rachmani

Latest posts by Sarahwinanti Pratiwi Rachmani (see all)

Sarahwinanti Pratiwi Rachmani

Just a random teenage girl who love to read, writing, dancing, eat and have big desire in traveling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *