Para Utopis Ayo Berburu Beasiswa ke Jepang

Radiobudiluhur.com – Utopis suatu kata keren yang gua dapetin dari pelajaran pengantar ilmu HI alias Hubungan Internasional. Dari yang gua dapet utopis adalah seseorang yang suka berimajinasi atau berandai – andai untuk mencapai tujuan yang sempurna tapi kalau menurut kamus – kamus bahasa sih pengertian yang gua kasih kurang tepat. Disini gua ngomongin utopis karena menurut gua dia itu dekat dengan kata pemimpi yaitu orang yang suka berandai – andai dan berimajinasi juga. Ada yang berandai – andai dalam bermimpi dan berusaha juga untuk ngejarnya cuman nih ada juga yang hanya bermimpi and do nothing about it. Well, that’s everyone’s preference. Nah untuk warga kampus yang suka bermimpi dan pingin mewujudkan mimpinya untuk sekolah di Jepang karena suka banget sama budayanya, makanannya, negaranya, atau sama waifunya huehehehh, dan yang lainnya. Bisa banget baca info yang gua berikan nih tentang beasiswa apa aja yang bisa lo ikutin untuk bisa sekolah di Negara telor ceplok ini (soalnya benderanya telor mata sapi).

 

 

 

Pertama gua mau ngasih tau lu tentang Monbukagakusho beasiswa yang sudah terlalu terkenal seantero dunia (lebay dikit gapapalah). Kenapa gua bisa bilang begitu karena pasti dia akan keluar di mbah google untuk mencari perhatian kamu – kamu syemua (kok jadi alay) kalau setiap lu cari tentang beasiswa di Jepang. Beasiswa ini adalah beasiswa yang diberikan oleh pemerintah Jepang dan seperti biasa beasiswa dari pemerintah itu lebih banyak benefitnya. Tipe – tipe beasiswa yang dikasih juga banyak lho, ada yang untuk undergraduate student yaitu  dedek – dedek yang mau masuk S 1, teacher training student, dan masih banyak lagi. Daripada penasaran karena gua ceritainnya setengah – setengah HEUEHEHEH mendingan cek aja langsung websitenya di http://www.studyjapan.go.jp/en/toj/toj0302e-10.html

 

 

 

Kedua, beasiswa LPDP. Para pencari beasiswa pasti tau banget nih beasiswanya pemuda – pemudi Indonesia. Yap, LPDP kependekan dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan. Nggak hanya sebagai lembaga pengelola tapi LPDP juga memberikan kesempatan belajar dengan gratis tis tis! Mau di luar negeri apa di Indonesia LPDP jabanin. Beasiswa ini benefitnya bejibun warga kampus, cuman untuk lolosnya juga minta ampun sih. Minta ampun susahnya. Tapi jangan patah semangat dulu nasib mah nggak ada yang tau, ye nggak sih. Beasiswa ini ditawarkan untuk pemuda – pemudi Indonesia yang ingin melanjutkan S2 dan S3 nya di luar negeri. Universitas – univeritas di Jepang yang bisa lo dudukin untuk belajar dengan beasiswa LPDP ada Kyoto University, Osaka University, Tokyo Institute of Technology, dan masih banyak lagi. Buat yang lengkapnya untuk liat list Universitas bisa liat disini nih warga kampus http://www.beasiswa.lpdp.kemenkeu.go.id/upload/dokumen/Daftar%20Perguruan%20Tinggi%20Tujuan%20LPDP%20tahun%202017.pdf . Nah supaya lebih lengkap tau tentang beasiswa ini liat aja web LPDPnya langsung.

 

 

Ketiga, beasiswa – beasiswa  dari perusahaan. Banyak loh warga kampus perusahaan – perusahaan besar yang menawarkan beasiswa bagi anak – anak internasional untuk melanjutkan pendidikannya. Nah salah satu contohnya ada beasiswa Panasonic nih yaitu beasiswa untuk jenjang S2 dan S3. Biaya yang di berikan juga besar lho tapi  ada aturan kalau batas waktu studi ditentukan cuma selama 3 tahun saja, termasuk 1 tahun sebagai tahun penelitian bagi para mahasiswa tingkat S2. Nah untuk lengkapnya bisa dilihat di website ini warga kampus http://www.panasonicscholarship.com.

 

 

Keempat, ini dia beasiswa yang dikasih langsung dari Universitasnya tapi biasanya partly funded dan hanya untuk biaya kuliah aja. Jadi, kita hanya di biayai dalam beberapa persen tergantung bagus nggaknya saat kita tes. Salah satunya ada beasiswa dari Ritsumeikan Asia Pacific University atau biasa disebut APU. Universitas ini berlokasi di Beppu, Oita Prefektur.  Beasiswa yang diberikan APU adalah pengurangan biaya semester atau tuition fee yang terbagi menjadi  5 kategori yaitu 35%, 50%, 65%, 80%, dan 100% yang bener – bener gratis.Ohh iya di Universitas ini banyak orang Indonesianya lho. Untuk lebih jelas tentang beasiswa di APU bisa liat di websitenya nih  https://admissions.apu.ac.jp/costs_scholarships/tuition_reduction_scholarship/ .

 

Udah liat kan warga kampus info – info tentang beasiswa ke Jepang, diatas belum seberapa sama info beasiswa yang lebih banyak diluar sana. Nah zaman sekarang  banyak kesempatan yang ditawarkan untuk anak muda berkarya dan belajar, tergantung kita yang mau menggalinya atau nggak. Makanya jangan buang waktu lu dengan hal – hal yang nggak berguna kedepannya. Kalau punya mimpi ayo siap kejar dengan kesempatan – kesempatan itu warga kampus. Lastly dari gua GANBATTE!

Maya Ayesha
Follow me

Maya Ayesha

Mahasiswa at Budi Luhur
Veteran directioner yang dengerin musik - musik joe hisaishi, dan suka bahasa - bahasa penjajah (Jepang & Spanyol)
Maya Ayesha
Follow me

Maya Ayesha

Veteran directioner yang dengerin musik – musik joe hisaishi, dan suka bahasa – bahasa penjajah (Jepang & Spanyol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *