RadioBudiLuhur.com – Sudah tau belum waga kampus kalau ada kejadian unik di konferensi pers cabang olahraga sepak bola di sea games 2019 hari ini. Kesiapan Filipina dalam menyelenggarakan SEA Games 2019 menuai sorotan dan banjir kritikan. Beberapa venue pertandingan masih dalam proses pengerjaan. Kondisi ini semakin diparah setelah melihat kondisi Stadion Rizal Memorial, Manila, pada hari H pertandingan, Senin (25/11/2019). Venue cabang olahraga sepak bola tersebut masih jauh dari layak untuk menggelar event sekelas SEA Games 2019

Sementara itu, ruang konferensi pers jauh dari kata memuaskan. Ruangan konferensi pers Stadion Rizal Memorial sama sekali belum dicat. Bahkan, para wartawan yang hendak melakukan peliputan berita di ruangan tersebut, hanya dipersilakan duduk di kursi plastik. Ruangan konferensi pers tersebut seperti gedung pertemuan yang belum jadi dengan dinding-dinding belum diaci dan dicat. Kursi-kursi untuk reporter seperti yang digunakan untuk acara hajatan pilkades di Indonesia.

Masih banyak debu yang bertebaran di stadion tersebut. Ruang loker pemain juga terlihat belum siap dipakai. Kamar mandi pemain masih dipenuhi debu sisa pengecoran dan di sisi luar stadion proses pembangunan juga masih berjalan. Bahkan ruangan untuk konferensi pers tampak begitu sangat sederhana, atau bisa dibilang tidak layak untuk sebuah event internasional.

Filipina bahkan sudah menelantarkan empat tamunya dari empat negara berbeda yakni Timor Leste, Thailand, Kamboja dan Myanmar sebelum Sea Games dibuka. Seperti yang dilansir Fox Sport Asia, skuad timnas U-23 Timor Leste harus menunggu sekitar tiga jam di bandara seusai tiba di Manila. Mereka kemudian dijemput oleh bus untuk diantar ke hotel. Namun ternyata, skuad Timor Leste tiba di hotel yang salah.

Berbeda dengan timnas U-23 Thailand. Mereka batal melakukan latihan pertama jelang pertandingan kontra Indonesia pada Selasa (26/11/2019) karena terjebak macet hingga berjam-jam. Bahkan, Timnas Kamboja dikabarkan harus tidur di atas karpet karena kamar hotel mereka belum disiapkan oleh penyelenggara.

 

Divky Nurfauzan

WEB DEVELOMENT at MAHASISWA
suka traveling terutama di alam bebas.
Divky Nurfauzan