RadioBudiLuhur.Com -Sebuah hasil yang sangat membanggakan berhasil diraih para atlet Indonesia di gelaran SEA Games 2019. Kontingen Merah Putih mampu merengkuh total 267 medali yang terdiri dari 72 medali emas, 84 medali perak, dan 111 medali perunggu. Hasil ini pun melebihi target karena Indonesia diketahui menargetkan minimal 45 medali emas dalam gelaran SEA Games edisi ke-30 ini.

Raihan 267 medali ini tentu saja diraih dari berbagai cabang olahraga yang diikuti para atlet Merah Putih. Indonesia sendiri diketahui turut berlaga di 51 cabang olahraga dari total 56 cabang olahraga yang diperlombakan di SEA Games 2019 ini.

Dari total tersebut, Indonesia berhasil tampil dominan di beberapa cabang olahraga. Tim Merah Putih tercatat berhasil meraih gelar juara umum di sembilan cabang olahraga. Kesembilan cabor tersebut yakni boling, catur, modern pentathlon, pencak silat, dayung, sambo, menembak, tenis, serta voli.

Untuk cabor boling, Indonesia meraih status sebagai juara umum setelah berhasil meraih total tujuh medali yang terdiri dari empat emas, dua perak, dan satu perunggu. Tujuh medali emas ini diraih dari total 27 medali yang diperebutkan pada cabor tersebut.

Untuk cabor boling, Indonesia meraih status sebagai juara umum setelah berhasil meraih total tujuh medali yang terdiri dari empat emas, dua perak, dan satu perunggu. Tujuh medali emas ini diraih dari total 27 medali yang diperebutkan pada cabor tersebut.

Untuk cabang olahraga sambo, Indonesia juga tampil dominan dengan meraih total tujuh medali yang terdiri dari empat emas, satu perak, dan dua perunggu. Medali emas yang lebih banyak berhasil dikumpulkan wakil Indonesia di cabang olahraga menembak dengan total raihan 15 medali yang terdiri atas tujuh emas, enam perak, dan dua perunggu.

Dua cabang olahraga terakhir adalah tenis dan voli. Untuk tenis, Indonesia total dapat meraih tiga medali emas dan dua perunggu. Tiga medali emas tersebut diraih lewat aksi Aldila Sutjiadi pada nomor tunggal putri, Beatrice Gumulya/Jessy Rompies pada nomor ganda putri, dan Aldila Sutjiadi/Christopher Rungkat (ganda campuran).

Terakhir, untuk cabor voli, Indonesia meraih total dua medali emas, satu perak, dan satu perunggu. Medali ini diraih pada nomor pertandingan voli indoor dan voli pantai. Tetapi untuk cabang olahraga ini, Indonesia tak menjadi satu-satunya juara umum. Sebab, koleksi medali Indonesia serupa dengan Thailand sehingga keduanya ditetapkan sebagai juara umum.

juara umum setelah berhasil meraih total tujuh medali yang terdiri dari empat emas, dua perak, dan satu perunggu. Tujuh medali emas ini diraih dari total 27 medali yang diperebutkan pada cabor tersebut.

Selanjutnya, untuk cabor catur, kontingen Indonesia juga berhasil tampil dominan. Dari total 15 medali yang diperebutkan, tim Merah Putih dapat meraih total enam medali yang terdiri dari dua emas, tiga perak, dan satu perunggu.

Ketiga, Indonesia juga keluar sebagai juara umum di cabang olahraga modern pentathlon. Dari 18 medali yang tersedia, Indonesia dapat merengkuh enam medali yang terdiri dari empat medali emas dan dua medali perunggu.

Kemudian, untuk cabang olahraga pencak silat, Indonesia meraih status sebagai juara umum setelah mengumpulkan total tujuh medali yang terdiri dari dua emas, tiga perak, dan dua perunggu. Selain itu, Indonesia juga bersinar di cabor dayung dengan meraih tiga medali emas dan dua perunggu.

Divky Nurfauzan