Radiobudiluhur.com – Pada Tanggal 19 Febuari 2016, Kemarin. 39 Puteri Cantik dan Pintar yang berasal dari 34 Provinsi di Indonesia bersaing untuk meraih gelar puteri Indonesia 2016. Perhelatan Puteri Indonesia 2016 yang memasuki Usia 20 ini berlangsung di Plenary Hall, Jakarta Convention Center.

Malam puncak Puteri Indonesia 2016 yang tahun ini mengambil tema “Tingkatkan Potensi dan Daya Saing Melalui Karya dan Rasa Nasionalisme Untuk Menang di Era Persaingan Globalisasi” dan Malam Grand Final Puteri Indonesia 2016 turut dihadiri oleh Pendiri Yayasan Puteri Indonesia DR.BRA. Mooryati Soedibyo, Ketua Dewan Pembina Yayasan Puteri Indonesia Putri K Wardani, Puteri Indonesia 2015 Anindya Kusuma Putri, dan Miss International 2015 Edymar Martinez Blanco yang berasal dari Venezuela.

Pada tahun ini, Puteri Indonesia 2016 mengambil tema yang terinspirasi dari pesona Daerah Palembang. Karena itu, busana yang dibawakan oleh Finalis Puteri Indonesia 2016 juga menggunakan sentuhan kain-kain tradisional khas Palembang seperti songket Palembang yang diimplementasikan menjadi busana yang cantik hasil karya anak bangsa seperti cocktail dress rancangan desainer lokal kebanggan anak bangsa, Anaz Khairunnas yang didesain khusus menggunakan kain traditional salah satunya songket asli Palembang.

Peserta Puteri Indonesia 2016 yang terdiri dari 39 finalis merupakan representatif dari 34 provinsi di Indonesia, di mana sebelumnya mereka telah meraih gelar juara dalam ajang Pemilihan Puteri Indonesia di Tingkat Daerah masing-masing. Para finalis tersebut menjalani masa karantina yang berlangsung dari tanggal 12 February hingga 19 February bertempat di The Sultan Hotel & Residence Jakarta.

7

Puteri Indonesia 2016 terpilih akan berkesempatan membawa nama harum bangsa ke ajang Miss Universe 2016, ajang kecantikan berskala internasional yang menduduki urutan pertama terbaik dalam event sejenis. YPI juga memberikan peluang bagi Runner Up I Puteri Indonesia 2016 untuk berprestasi di ajang Miss International 2016. Sedangkan untuk Runner Up 2 Puteri Indonesia 2015 akan dikirim ke ajang Miss Supranational 2016.

Acara malam Grand Final Puteri Indonesia 2016 ini disiarkan langsung oleh Indosiar dan Vidio.com dipandu host Choky Sitohang dan Maria Celena. Acara ini turut dimeriahkan oleh JKT48, Yovie and Nuno, Rizky Fabian, Bunga Citra Lestari, 5 Romeo, Andien, Tulus.

Dan pada Perhelatan Malam Grand Final Puteri Indonesia 2016, Kemarin. Dari 39 finalis yang telah lolos audisi dari 34 provinsi di Indonesia, kemudian 10 besar telah dipilih. Berikut daftar finalis Puteri Indonesia yang lolos di 10 besar

  1. Banten: Belda Amelia
  2. Aceh: Khairun Nisa Zakaria
  3. Sulawesi Utara: Keiza Roslin Cikita Warouw
  4. Sumatera Barat: Intan Aletrino
  5. DKI Jakarta 2: Mutia Ardi
  6. Lampung: Felicia
  7. Sumatera Utara: Ariska Putri Pertiwi
  8. Bali: Sagung Istri Karina Prabasari
  9. DKI Jakarta 1: Claudya Dara Chaerunnisa
  10. Sumatera Selatan: Ratih Anggraini

Setelah terpilih 10 Besar Finalis, 10 besar finalis Puteri Indonesia 2016 kembali diseleksi untuk masuk babak berikutnya yakni 5 besar, Dan berikut 5 Besar Finalis Puteri Indonesia 2016

 

  1. Sulawesi Utara: Keiza Roslin Cikita Warouw
  2. DKI Jakarta 1: Claudya Dara Chaerunnisa
  3. Sumatera Utara: Ariska Putri Pertiwi
  4. Sumatera Barat: Intan Aletrino
  5. Lampung: Felicia

Kemudian 5 Besar Finalis ini diseleksi lagi dan menjawab pertanyaan dari dewan juri, setelah melalui tahap sesi Tanya jawab terpilih 3 Besar finalis Puteri Indonesia 2016, yaitu

  1. Sulawesi Utara: Keiza Roslin Cikita Warouw
  2. Sumatera Barat: Intan Aletrino
  3. Lampung: Felicia

Dan dalam babak 3 besar Puteri Indonesa 2016 setiap peserta diminta memaknai ungkapan dari Bunda Teresa “some people come in your life as blessing, some come in your life as lesson”.

Finalis pertama adalah wakil dari Sulawesi Utara, Kezia Roslin Berpendapat bahwa “Hidup adalah universitas kehidupan. Kita dapat belajar dengan baik, saat dikecewakan itulah pelajaran terindah untuk maju selangkah ke depan. Belajar dari kehidupan yang kita hadapi untuk esok yang lebih baik”

Kemudian Finalis kedua adalah perwakilan dari Lampung, Felicia. Ia memberikan pandangan yang sama seperti ungkapan Bunda Teresa yaitu “Saya merasakan itu, manusia punya tugas dan peran masing-masing. Pengalaman saya banyak menyakitkan, tapi saya belajar dari situ. Yang mencintai saya, yang peduli pada saya akan memberikan kekuatan kepada saya”

Dan terakhir, finalis asal Sumatera Barat, Intan Aletrino. Dengan tenang, ia menjawab dengan tegas dan penuh percaya diri. “Bagi saya, banyak pelajaran dalam hidup. Yang kita kasihi, selalu bisa dijadikan pengalaman hidup dan belajar dari apa yang kita jalani”.

Akhirnya Dewan juri memilih siapa yang berhak menjadi Juara Puteri Indonesia 2016, Runner Up 1 Puteri Indonesia 2016 dan Runner Up 2 Puteri Indonesia 2016. Dan ini hasilnya

9

Juara Puteri Indonesia 2016

Sulawesi Utara: Keiza Roslin Cikita Warouw

6

Runner Up 1 Puteri Indonesia 2016

Lampung: Felicia

Runner Up 2 puteri Indonesia 2016

Sumatera Barat: Intan Aletrino

Selain tiga gelar utama, ada pula gelar Puteri Indonesia yang lainnya yaitu

 

Busana Daerah Terbaik 2016 : Sulawesi Selatan, Yulinar Arief.

Predikat Puteri Indonesia Berbakat 2016 : Kalimantan Barat, Kornelia Meylinda.

Puteri Indonesia Intelegensia 2016  : Kalimantan Barat Kornelia Meylinda,   Lampung  Felicia, DKI Jakarta 3 Niken Lativiani

Puteri Indonesia Persahabatan : Papua Barat, Lita Ayudiah.

Puteri Indonesia Favorit Kepulauan : Aceh Khairunisa Zakaria, Jawa Timur   Badzlina Sukmawati, Kalimantan Barat Kornelia Meylinda, Sulawesi       Selatan Yulinar Arief, Nusa Tenggara Timur Gloria Angelica, Dan Maluku Jean Trifena Patty.

 

Demikian acara malam Grand Final Puteri Indonesia 2016 yang dilaksanakan pada hari jumat 19 Febuari 2016,Kemarin. Sekali lagi selamat buat para pemenang Puteri Indonesia 2016 semoga bisa mengharumkan nama bangsa Indonesia di kancah dunia.
 by Ade Tri Saputro

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *