RadioBudiLuhur.com – Hari minggu (21/4/2019) dijadikan sebagai hari perayaan paskah bagi seluruh umat Kristen dan Katolik dunia. Di tengah – tengah kedamaian dan kebahagiaan dalam perayaan hari paskah, Colombo, ibukota Sri Lanka dikagetkan dengan bom bunuh diri disejumlah gereja dan hotel. Awal dari kejadian tersebut terjadi pukul 8.45 pagi waktu setempat.

Saat ini, korban jiwa dilaporkan hingga 185 orang diantaranya 35 orang asing, dan 400 orang luka – luka. Terdapat delapan total pengeboman termasuk gereja – gereja dan beberapa hotel mewah. Kejadian ini sudah diprediksi 10 hari sebelumnya dengan pengeluaran peringatan nasional oleh Kepala Polisi Sri Lanka, Pujuth Jayasundara.

Ledakan bom pertama dilaporkan terjadi di Gereja St Anthony’s Shrine yang terletak di Colombo. Serangan kedua disusul di Gereja St Sebastian, sebuah gereja di kota Negombo. Setelah itu ledakan terjadi di beberapa tempat, yaitu Gereja Batticaloa, Hotel Shangri La, Cinnamon Grand,dan Kingsbury.

Pemerintah belum dapat memastikan pelaku dibalik pengeboman tersebut perihal belum memiliki petunjuk apapun. Namun,” Badan Intelijen Asing melaporkan, NTJ (National Thowheeth Jama ) adalah merencanakan serangan bunuh diri yang menargetkan gereje terkemuka dan badan komisi tinggi India di Colombo,” bunyi peringatan yang diberikan oleh Pujuth Jayasundara. Pemerintah Sri Lanka memblokir Facebook, Whatsapp, Viber, dan menetapkam jam malam secara nasional agar keamanan terjaga.

Follow me

Maya Ayesha

Mahasiswa at Budi Luhur
Veteran directioner yang dengerin musik - musik joe hisaishi, dan suka bahasa - bahasa penjajah (Jepang & Spanyol)
Maya Ayesha
Follow me