Radiobudiluhur.com-Pada tanggal 18 Agustus 2018 kemarin, telah dilaksanakan Opening Ceremony Asian Games. Indonesia menjadi tuan rumah untuk Asian Games kali ini dan pembukaan yang digelar di stadion Gelora Bung Karno, Jakarta sukses menjadi sorotan dunia.

Pada momen ini pula hal yang tidak biasa menjadi momen bersejarah yang disaksikan oleh berjuta pasang mata yang menyaksikan dari penjuru dunia.  Salah satunya adalah bersatunya Korea Selatan dan Korea Utara dengan mengibarkan satu bendera Unifikasi dan keduanya berada dalam satu kontingen ‘KOREA’.

Selama ini dua Negara yang berada dalam satu semenanjung selalu mengalami perseteruan politik yang telah berlangsung sejak bertahun-tahun lalu. Korea Selatan dan Korea Utara yang menjadi peserta yang akan berpartisipasi dalam pesta olahraga Asia tahun 2018 ini menunjukan persatuan yang mengharukan.

Kontingen sekaligus atlet dari kedua Negara bersatu, bergandengan tangan satu sama lain di bawah kibaran bendera putih-biru selama defile menjadi salah satu momen yang disoroti dari upacara pembukaan Asian Games 2018.

Untuk sekian lamanya akhirnya tidak ada kata Korea Selatan atau Korea Utara melainkan hanya satu kata ‘Korea’.

Membicarakan upacara pembukaan Asian Games 2018 kemarin, kita tidak akan lupa akan penampilan Presiden Jokowi yang tengah mengendarai motor gede berwarna hitam dengan gagahnya itu. Penampilannya tidak hanya mencuri perhatian dari masyarakat yang menyaksikan secara langsung saja, bahkan dari seluruh penjuru dunia.

Bahkan penampilannya juga mencuri perhatian para pengguna internet di korea. Mereka sangat mengagumi penampilannya yang epic tersebut. Beberapa diantara juga berpendapat bahwa mereka ingin sekali mengunjungi Indonesia setelah menyaksikan Upacara Pembukaan Asian Games 2018.

Selain itu penampilan Jokowi ini juga digadang gadang oleh para kpop fans bahwa penampilannya melebihi karisma Kang Daniel Wanna One yang juga berakting dengan motor gede di salah satu Music Videonya.

Karena beberapa stasiun Tv di Korea menayangkan Asian Games 2018 secara eksklusif, stasiun Tv akan membatalkan siaran regular drama dan variety Show. Seperti halnya MBC yang akan menayangkan pertandingan sepak bola Korea vs. Bahrain, bukan drama “Daughter in Law in Wonderland”. KBS2 menayangkan pertandingan basket korea vs. Indonesia, yang membuat “Your House Helper” disiarkan 30 menit lebih lama dari biasanya. Sama halnya dengan beberapa acara di stasiun tv lain.

 

 

Diah Larasati

Mahasiswa at Budi Luhur
An introvert nerd that fell in love with all about Korea.
Diah Larasati