Radiobudiluhur.com – Pertanyaan yang sering banget warga kampus masih labil Sebaiknya makan atau tidak ya sebelum olahraga? Pertanyaan ini memang sering bikin galau sebelum melakukan latihan fisik.

Sering kali seseorang berolahraga karena ingin membakar kalori dalam rangka diet. Lalu, ia beranggapan bahwa tidak makan sebelum latihan fisik dapat membantu menurunkan berat badan lebih cepat.

Ternyata, dilansir dari livestrong.com, tidak makan sebelum olahraga justru dapat menimbulkan berbagai masalah bagi tubuh. Masalah ini dapat muncul dalam jangka pendek maupun jangka panjang nih warga kampus. Semua ini tergantung dari seberapa banyak latihan fisik yang lo lakuin dan berapa banyak makanan yang biasa lo konsumsi setiap harinya. Jangan pernah lo sekali sekali makan mie dan nasi berbarengan nih warga kampus karna fakta karbohidrat yang lo peroleh itu benar benar tinggi lho.bisa menimbulkan penyakit yang lo gak inginkan.

Jangka pendek

Apabila tubuh tidak memperoleh asupan makanan selama beberapa jam sebelum olahraga, Lo mudah merasa lelah dan butuh mengonsumsi karbohidrat setelah 60 menit atau 90 menit sehabis latihan fisik. Dampaknya akan lebih bahaya lagi kalau olahraga yang lo lakukan berdurasi panjang dan memiliki intensitas tinggi. Selain merasa mudah lelah, Anda juga akan mengalami tekanan darah rendah.

Rasa mudah lelah tersebut timbul akibat tubuh kekurangan karbohidrat yang bisa dibakar saat berolahraga. Sebagai penggantinya, tubuh akan membakar otot atau jaringan organ untuk memberikan energi. Tubuh pun akan kehilangan massa otot dan mudah merasa lelah.

Jangka panjang

Dampak jangka panjang riskan dialami oleh seseorang yang sedang menjalani diet ketat. Kalau Anda kurang makan dan tidak mengisi kembali karbohidrat saat hendak berolahraga, Anda berisiko mengalami kekurangan nutrisi, seperti anemia.

Selain itu, apabila lo sering makan dalam porsi kurang selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun, tubuh akan mengalami kelaparan. Kondisi kelaparan ini justru membuat berat badan sulit turun. Bahkan, dapat menyebabkan penyakit kronis, seperti bone loss, detak jantung tidak beraturan, dan serangan jantung.

Nah, agar lo tidak mengalami risiko-risiko tersebut, sebaiknya lo makan dalam porsi yang benar ketika hendak beraktivitas fisik. Toh, kalorinya nanti akan terbakar kembali saat berolahraga.

Konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat. Contoh makanan berkabohidrat yang bisa lo makan antara lain mie goreng, nasi, kentang, dan ubi.

TIPS

Biasa nya beberapa dari lo pasti mager banget. Tapi ada beberapa tips yang bakal bermanfaat buat lo nih warga kampus:

  • Makan sebelum olahraga minimal 1 s/d 2 jam sebelum olah raga.
  • Jangan pernah tiduran abis makan karna menimbulkan penumpukan lemak di perut.
  • Minum air putih biasa jangan dingin ya warga kampus.

Itu dulu tips semoga bermanfaat dan lo jadi lebih tau ketika perut keadaan kosong saat olah raga.

Dzikri Febrian

Mahasiswa at Budi Luhur
Suka Chelsea Islan dan Raisa Andriana. Penikmat musik lawas 90 an.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *