“The Invisible Rule” Si Misterius Kehidupan Kantor

Radiobudiluhur.com-  Saat hari pertama kerja pasti sudah tahu dong, peraturan-peraturan yang berlaku dikantor. Tapi warga kampus tau gak sih, ada peraturan kantor yang tidak tertulis tapi berlaku . Peraturan dan sikap ini  walaupun terlihat remeh, ternyata penting loh buat kehidupan kantor warga kampus. Radio Budi Luhur bakal kasih tahu ‘the invisible rule’ yang biasanya berlaku dikantor!

 

 

  1. “Get A Good Job With More Pay And You Are Okay”

 

Biasanya, pengalaman dan pendidikan menjadi salah satu penilaian perusahaan untuk menentukan gaji karyawannya. Nyaris di setiap perusahaan mempunyai penentuan standar gaji, entah karena pengalaman,penilaian, atau CV. Sehingga gaji antara karyawan satu sama lain bisa saja berbeda.

 

Namun, mungkin karena rasa ingin tahu yang besar. Warga kampus jadi penasaran dengan gaji rekan kerja. Mending jangan ditanya deh warga kampus. Bisa-bisa menimbulkan kecemburuan, dan bikin suasana kerja kurang kondusif. Warga kampus pasti cemburu kan kalau tahu, rekan kerja gajinya lebih besar.

 

  1. “Turn Up The Music If They Try To Turn Us Down”

Warga kampus punya kebiasaan mendengarkan musik saat mengerjakan sesuatu? biasanya memang ada orang yang melakukan itu untuk menambah semangat kerja.  Lebih baik warga kampus mendengarkan menggunakan earphone, dan dalam volume kecil.

Kenapa? tidak semua orang ingin mendengarkan musik yang warga kampus dengarkan. Selain itu dengan volume kecil, warga kampus bisa dengar bila seseorang memanggil. Kan tidak lucu bila warga kampus kena semprot karena menjadi ‘budek’ tiba-tiba. Selain itu juga jangan ikut menyanyi, ingat warga kampus dikantor bukan di konser.

 

 

  1. “Send Me An E-Mail That Says ‘ I Love You’ “

 

Ada baiknya warga kampus mempunyai email baru untuk urusan kantor, untuk membedakan urusan kantor dan pribadi. Jangan sampai email kantor warga kampus malah untuk bergosip dan mengirim pesan pribadi.

 

Terus ada saran nih buat pengiriman e-mail. Pada body text cukup taruh note penting dan taruh dokumen di attachment, bukan ditulis ulang pada body text. Lalu jangan lupa untuk menaruh judul yang sesuai dengan isi pesan warga kampus.

 

 

  1. “Everything Goes Quiet When It’s You, I’m With”

 

Kalau tadi mengenai soal suara musik, sekarang soal suara warga kampus nih. Di kantor biasanya ruang karyawan tidak berpintu, melainkan hanya kubik-kubik kecil yang tidak tertutup. Makanya ketenangan dikantor menjadi suatu hal tersendiri yang harus dijaga, agar tidak menimbulkan stress pada pegawai .

 

Nih tips buat warga kampus saat berbicara dikantor.Saat bicara ditelpon dengan klien, tidak perlu berteriak atau bersuara keras. Kalau ternyata urusan pribadi, lebih baik warga kampus berbicara diluar ruang kerja. Warga kampus bisa ketoilet atau mungkin kerooftop, tapi jangan lama-lama juga ya. Bisa-bisa kena tegur dan dapet pandangan minus dari rekan atau atasan.

 

 

  1. “Got A Secret, Can You Keep It?”

 

Meskipun warga kampus sedang berada didekat privasi rekan atau bisa melihatnya, jangan sekali-kali membacanya. Mau itu fax, e-mail, surat jangan dibaca kecuali warga kampus memang dimintai tolong oleh orang yang punya. Dilingkungan kerja memang privasi menjadi hal yang sensitif dan penting. Bayangkan saja kalau ada orang yang membaca hal yang warga kampus tidak ingin orang lain tahu, tidak enak kan?

 

Selain privasi hal-hal tertulis, ada juga privasi suara alias omongan. Kalau misalnya warga kampus ngelewatin ruangan yang ketutup, jangan nguping apalagi nyebarin. Karena itu bukan urusan warga kampus. Tapi kalau misalnya warga kampus mau membicarakan hal sensitif dan rahasia, bisa mencari ruang khusus. Jangan lupa ditutup dan dikunci biar ga ada yang nguping!

 

  1. “There Is No More Remaining Time Between Us”

Warga kampus dikasih tahu kalau waktu kerja fleksibel? pasti jadi impian kan datang dan pulang sesuka hati, asal kerjaan udah selesai. Stop berkhayal dulu! warga kampus perlu cari tahu buktinya.

 

Caranya? datang kekantor jam 7-8 pagi dan pulang, ketika pegawai lain sudah pulang. Warga kampus cukup lakuin ini diminggu pertama aja. Memang gaenak dateng pagi-pagi tapi dengan begitu warga kampus bisa tau, jam berapa biasanya pegawai datang dan pulang. Selain itu warga kampus bisa liat kebiasaan yang dilakukan lebih lama, jadi lebih cepet tahu deh!

 

 

  1. “Love Is An Open Door”

Biasanya saat hari pertama bekerja atau saat interview, warga kampus bakal dikasih tau kalau ruangan CEO akan selalu terbuka. Terbuka yang dimaksud adalah, terbuka untuk orang yang ingin memberikan ide briliant mereka. Eits! jangan mulai mikir dulu ide apa yang mau dikasih tau, siapa tahu kenyataannya beda.

 

Kalau warga kampus dikasih tau soal ini, lihat dulu sekitar warga kampus. Semuanya ngelakuin ga sih? kalau iya biasanya nanti gimana? warga kampus harus cari tahu dulu informasi ini. Entah lihat secara langsung atau bertanya pada rekan yang sudah akrab.

 

Sarahwinanti Pratiwi Rachmani

Sarahwinanti Pratiwi Rachmani

Mahasiswa at Budi Luhur
Just a random teenage girl who love to read, writing, dancing, eat and have big desire in traveling
Sarahwinanti Pratiwi Rachmani

Latest posts by Sarahwinanti Pratiwi Rachmani (see all)

Sarahwinanti Pratiwi Rachmani

Just a random teenage girl who love to read, writing, dancing, eat and have big desire in traveling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *