RadioBudiLuhur.com – Baru-baru ini Yoshimoto Kogyo dan MCIP Holdings, bekerja sama dengan CJ Entertainment merilis video penampilan 101 trainee pria dengan lagu ‘Tsukame’ atau dalam bahasa Inggris ‘It’s Coming’. Lagu ini merupakan theme song untuk program terbaru yang akan mulai ditayangkan di Jepang pada 25 September, Produce 101 Japan. Radio Budi Luhur mau ngebahas seputar Produce 101 yang perlu banget warga kampus tau sebelum nonton, so keep scrolling!

Apa sih Produce 101?

Produce 101, adalah program survival yang boleh diikuti idol, trainee, bahkan seseorang yang tidak memiliki agensi. Peserta dengan vote tertinggi akan dibentuk menjadi boygroup/girlgroup sementara. Produce 101 sebenarnya berasal dari Korea Selatan, dan selama 4 season kerap menghasilkan girlgroup dan boygroup yang sangat sukses. Berkat kesuksesan itu negeri tirai bambu, Cina turut mengadaptasi acara Produce 101, dan juga menghasilkan grup sukses. Kemudian di tahun 2019 inilah, Jepang juga menghadirkan Produce 101.

Para peserta nantinya akan bertarung dan menerima pelatihan selama 3-4 bulan. Peserta akan melalui 4 evaluasi yaitu evaluasi grade/kelas (penentuan peserta akan ditaruh dikelas A/B/C/D/F), evaluasi posisi (rap/dance/sing), evaluasi konsep (5 lagu original dengan konsep berbeda), dan final yang ditayangkan live. Sebelum akhirnya terpilih 11 trainee, dan debut sebagai boygroup pada 2020 mendatang.

Nation Representative

MC pada acara Produce 101 lebih biasa disebut Nation Representative (Representatif Nasional). MC Produce 101 biasanya adalah seseorang yang terkenal, mempunyai segudang prestasi dan ahli dibidang karirnya didunia entertainment, entah itu ahli/punya banyak pengalaman sebagai penyanyi, aktor/aktris, bahkan komedian. Seperti di Produce 101 Korea pernah memakai Boa yang telah menjadi penyanyi selama 19 tahun, dan Produce 101 Cina pernah memakai Zang Yixing yang merupakan member boyband EXO dan sukses juga dengan karir solonya.

Representatif nasional untuk Produce 101 Jepang sedikit berbeda daripada biasanya, yaitu dengan penggunaan dua representatif nasional! Hiroyuki Yabe dan Takashi Okamura adalah duo comic bernama Ninety Nine (atau disingkat Nainai), mereka telah aktif sejak 1990. Selain itu bisa dibilang mereka duo komik yang tersukses. Salah satu acara yang menjadikan mc adalah Mecha-Mecha Itekeru, merupakan acara komedi. Wah siap-siap ketawa nih setiap kali nonton!

Nation Producer

Nation Producer (Produser Nasional) adalah sebutan untuk para penonton dan orang yang memvoting, proses voting akan terus berubah tiap beberapa minggu. Semakin lama akan semakin sedikit para trainee atau biasa disebut peserta didik, yang bisa dipilih oleh produser nasional. Selain itu penonton dianggap produser nasional.

Center Tsukame It’s Coming

Hal yang paling dinanti sebelum series Produce 101 dimulai adalah center untuk theme song! Center biasanya adalah peserta didik yang berada dikelas A dan dianggap paling cocok untuk menjadi center. Salah satu fakta unik adalah nyaris semua center di series Produce 101 debut!

PD 101 Korea : Choi Yoojung, Lee Daehwi, Miyawaki Sakura, Son Dongpyo

PD 101 China : Cai Xukun, Li Wenhan,

Untuk Tsukame, It’s Coming center adalah Kawashiri Ren! Peserta didik berumur 22 dan setinggi 173 cm ini punya hobi main game, menggerakkan tubuh, sulap dan menonton acara komedi loh. Selain itu Kawashiri jago freestyle dance! Ga sampe situ aja, fakta unik lainnya dia pernah menjadi backdancer untuk WANNAONE dan PENTAGON. Wah kayaknya gaperlu ragu deh sama kemampuan dancenya!

Nah sekarang warga kampus udah tau nih apa aja hal basic yang harus banget tau, biar ga bingung pas nonton nanti! Gimana, udah siap nonton? Then buckle up and let the show begin!

Sarahwinanti Pratiwi Rachmani

Mahasiswa at Budi Luhur
Just a random teenage girl who love to read, writing, dancing, eat and have big desire in traveling
Sarahwinanti Pratiwi Rachmani