Co Founder dan Direktur Anime Ghibli Meninggal Dunia

Radiobudiluhur.com-Co Founder dan direktur anime Ghibli, Takahata Isao meninggal dunia pada usia 82 tahun. Meninggalnya Takahata Isao disebabkan oleh kanker paru – paru yang dideritanya. Berawal dari kondisi jantung Takahata yang tidak baik dan kesehatan yang memburuk. Keadaan tersebut sudah sejak musim panas sebelumnya yang menyebabkan Takahata diberulang kali dirawat.

Pada hari kamis (5/4/18) dini hari jam 1:19 Takahata berpulang diri di Rumah Sakit Universitas Teikyo, Tokyo. Berkumpulan sebelum pemakaman (The Wake) dan pemakaman akan dilakukan hanya untuk kerabat terdekat. Keluarga Takahata secara sopan menolak segala penawaran hadiah belasungkawa. Namun, Studio Ghibli akan mengadakan acara gathering perpisahan terakhir dengan khalayak umum untuk Takahata pada 15 Mei mendatang.

Takahata lahir pada 29 Oktober 1935. Dia bergabung dengan Toei Douga (sekarang Toei Animation) pada 1959 setelah lulus dari Universitas Tokyo dengan program studi sastra perancis. Beberapa tahun setelah bekerja di Toei, Takahata bertemu dengan Hayao Miyazaki. Kemudian mereka berdua bekerja bersama untuk banyak projek setelah keluar dari perusahaan pada tahun 1971.

Karya terobosan Takahata, dan debutnya sebagai sutradara teatrikal adalah pada 1968, sebuah film fantasi epik yang berjudul Horus: Prince of The Sun. Didalam film tersebut Hayao Miyazaki berlaku sebagai kunci animator. Saat tahun 1970, Takahata mensutradarai serial anime TV terkenal seperti Heidi, Girl of the Alps and Anne of Green Gables, begitu juga dengan beberapa episode dari Lupin III. Semua serial tersebut menjadi ikon budaya Jepang bahkan untuk bukan pecinta anime, dan sekali lagi Hayao Miyazaki terlibat didalamnya.

Menyadari dari poin tersebut Takahata dan Miyazaki bersama produser Suzuki Toshio mendirikan Studio Ghibli pada tahun 1985. Kemudian, film pertama studio Ghibli yang mendapatkan penghormatan yang besar secara internasional adalah Grave of The Fireflies yang diarahkan Takahata (awalnya dirilis di Jepang pada tahun 1988).

 

Beberapa penghargaan yang diraih oleh Takahata adalah medali dengan Pita Ungu dari Pemerintah Jepang pada tahun 1998. penghargaan Honorific Leopard di Festival Film Internasional ke-62 di tahun 2009. Penghargaan Anime di tahun 2010, gelar kehormatan dari Sekolah Desain Rhode Island pada tahun 2012. Kemudian, hadiah Anime d’or di Tokyo Anime Award Festival pada tahun 2014. Penghargaan Kehormatan di Annecy International Animation Film Festival pada tahun 2014. Dekorasi Officier di Prancis Ordre des Arts et des Lettres (Ordo Seni dan Sastra) di 2015. Penghargaan terakhir yaitu, Winsor McCayAward untuk pencapaian seumur hidup di Annie Awards ke-43 pada tahun 2016.  Film terakhir Takahata sebagai sutradara adalah The Tale of Princess Kaguya, yang dirilis pada tahun 2013.

Maya Ayesha
Follow me

Maya Ayesha

Mahasiswa at Budi Luhur
Veteran directioner yang dengerin musik - musik joe hisaishi, dan suka bahasa - bahasa penjajah (Jepang & Spanyol)
Maya Ayesha
Follow me

Maya Ayesha

Veteran directioner yang dengerin musik - musik joe hisaishi, dan suka bahasa - bahasa penjajah (Jepang & Spanyol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *