Radiobudiluhur.com-Warga kampus, perhatiin nggak sih akhir – akhir ini baik laki – laki maupun perempuan banyak yang bergaya dengan retro style. Mulai dari high waist jeans sampai kemeja – kemeja khas retro.

Sebelum itu warga kampus, tau nggak sih perbedaan antara retro dan vintage. Seringkali retro style disebut juga sebagai “vintage inspired”, namun ternyata mereka memiliki perbedaan lho warga kampus. Istilah retro fashion atau dikenal juga dengan vintage inspired berhubungan dengan pakaian, sepatu, aksesoris yang didesain untuk bergaya seperti pakaian – pakaian abad lama. Singkatnya retro adalah pakaian baru yang bergaya lama sedangkan vintage adalah pakaian lama dan terlihat bergaya lama.

Nah, setiap dekade memiliki ciri khas gayanya sendiri. Seperti contoh tahun 1950an untuk kaum hawa ciri khas mereka adalah memakai dress yang memiliki warna terang. Contoh lain, yaitu tahun 1980an yang memiliki ciri khas kaos yang berwarna – warna terang.

Warga kampus sekarang mari kita kembali ke topik utama yaitu, style retro tahun 1960an. Untuk kamu semua yang tertarik bergaya retro 60, ini dia tips – tips untuk kamu. Pertama, carilah baju – baju yang  bergaya hippie.

Kedua, pakai celana jin yang lebar dan atasan motif tie-dye. Celana jin yang berwarna – warni cocok untuk meniru gaya tahun ini dan bisa dihiasi dengan bordir dan aksen tempelan. Selain celana, cobalah cari blus dengan lengan yang panjang, dan bahan yang tipis.

 

Untuk kamu yang suka dengan aksesoris rambut. Bisa banget lho menambahkan syal gipsi, atau bando. Selain bando, rambut yang beraksen tahun 60an bisa dicoba juga dengan  rambut panjang yang terurai dan dibelah tengah. Namun jangan khawatir jika rambut kamu pendek bisa disanggul sedikit dengan gaya seperti sarang lebah.

Rasanya kalau perempuan itu belum lengkap tanpa make up, dandanan gaya tahun 60an memiliki ciri khas tersendiri. Tahun 60an adalah tahunnya kaum hippie, jadi kita mengikuti gaya mereka. Kaum hippie suka dengan tampilan alami dengan riasan minimal. Namun meski begitu mereka suka menggambar symbol perdamaian, atau bunga aster dan pelangi jika ada acara tertentu. Riasan wajah pada masa itu bervariasi, namun secara umum yang menjadi ciri khasnya yaitu bulu mata palsu, bibir pucat, dan rias mata yang tegas.

Nah itu dia warga kampus gaya retro tahun 60an. Bagi kamu yang penasaran dan ingin mencoba, nggak ada salahnya. Kebebasan berekspresi salah satunya adalah berpakaian yang kita suka.

Follow me

Maya Ayesha

Mahasiswa at Budi Luhur
Veteran directioner yang dengerin musik - musik joe hisaishi, dan suka bahasa - bahasa penjajah (Jepang & Spanyol)
Maya Ayesha
Follow me

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *