Cara Menghilangkan Rasa Bosan Di Kantor

Radiobudiluhur.com – Warga kampus sudah cukup lama bekerja disebuah perusahaan. Akan tetapi tiba-tiba diserang rasa bosan, membuat produktifitas kerja menurun. Memang itu adalah hal yang wajar, karena semua orang pasti akan merasakan fase tersebut. Tapi gawat banget efeknya pada kelangsungan pekerjaan! Radio Budi Luhur punya sarannya nih, gimana caranya menghilangkan rasa bosan karena urusan kantor!

Menghilangkan Rasa Bosan

 

1.  “Bored, I’m so bored, I’m so bored, so bored

Sebelum mulai mencari tahu cara untuk menghilangkan bosan, yuk cari tahu dulu penyebabnya. Setelah  tahu penyebabnya maka warga kampus akan lebih mudah untuk mencari tahu solusi untuk keluar dari rasa bosan tersebut. Apa rasa bosan itu dari lingkungan kerja, atau pekerjaan yang dilakukan atau malah bosan terhadap diri sendiri bisa terjadi.

Setelah tahu penyebabnya, warga kampus harus melakukan introspeksi terhadap diri sendiri terlebih dahulu. Apakah selama ini bekerja dengan baik, apakah kesalahan dari diri sendiri dll. Setelah itu warga kampus bisa berkonsultasi dengan kolega, atasan, atau menjadikannya sebuah motivasi.  Mungkin dengan bertanya jalan keluar, warga kampus juga akan merasa lega karena tahu  jawaban  atau  setidaknya  sudah  lega karena  sudah bercerita.

 

2. “Siang Malam Ku Selalu Menatap Layar Terpaku Untuk Online Online”

Ini merupakan cara yang paling murah dan mudah dalam menghilangkan rasa bosan, yaitu browsing. Diera sekarang ini browsing merupakan salah satu hal yang menyenangkan untuk dilakukan. Warga kampus bisa menonton video lucu di youtube, membaca berita/cerita atau sekedar mendengarkan lagu di internet.

Hanya perlu waktu 5 menit saja untuk melakukan hal ini, bila terlalu lama warga kampus bisa dianggap tidak efisien dalam  pekerjaan dan jadi lupa diri. Cukup tonton satu video, atau dua lagu , atau  beberapa artikel saja.  Hal ini setidaknya dapat mengalihkan fokus dan menghilangkan  rasa bosan  walau  hanya sebentar saja.

 

3. “Americano- I like, I like, I like

Pasti banyak orang yang setuju kalau makanan dapat menghilangkan rasa bosan.  Warga kampus bisa memilih pilihan ini sebagai cara menghilangkan kebosanan. Apabila di kantor warga kampus bisa meminum kopi atau teh hangat. Selain itu warga kampus bisa memakan snack atau buah-buahan untuk dikudap. Warga kampus juga bisa melakukan ini sembari mendengarkan lagu, selain meningkatkan mood, hal ini juga akan memotivasi warga kampus untuk bekerja kembali dan bisa menghilangkan rasa bosan.

Selain itu diakhir minggu warga kampus bisa melakukan wisata kuliner. Warga kampus bisa mencoba berbagai restoran dan makanan, yang warga kampus belum pernah coba atau datangi. Buatlah jadwal untuk pergi, mulai dari restoran mana, makanan apa yang ingin dicoba, mau naik apa kesana bisa dilakukan sebelum pergi. Tidak perlu pergi kerestoran dengan harga mahal, walau hanya membeli martabak atau nasi padang bisa dilakukan. Karena yang penting adalah pengalaman berjalan-jalan keluar, dan makan ditempat baru.

 

4. “I Just Wanna Talk To You, Talk To You, Talk To You

Coba deh warga kampus lihat sekitar, biasanya akan ada orang yang senasib dengan warga kampus. Jika ternyata di dekat warga kampus ada yang terlihat sama bosannya, coba deh ngobrol sama orang tersebut. Tidak perlu menceritakan  keluh kesah,  cukup bicarakan kegiatan yang akhir-akhir ini dilakukan atau sekedar sharing .

Bisa juga karena pembicaraan dilakukan warga kampus jadi mencoba hal-hal baru. Tapi bila stuck disitu saja, warga kampus bisa mencoba mencari hobi atau kegiatan baru. misalkan fotografi, memasak, melukis atau bahkan berolahraga bisa menjadi pilihan warga kampus untuk dijadikan hobi baru. Dengan melakukan hal tersebut, warga kampus bisa menghilangkan rasa bosan  dan  penat.

 

5. ”Hey, Today Is Our Holiday

Ketika warga kampus merasa bosan, mungkin memang saatnya untuk mengistirahatkan jiwa dan raga warga kampus. Bila warga kampus suka jalan-jalan, itu bisa dilakukan diakhir pekan. Warga kampus bisa mencari tahu event menarik apa yang ada diakhir pekan, atau mengetahui diskon menarik dari barang yang warga kampus inginkan.

Tapi bila warga kampus merasa terlalu lelah, memang ada baiknya akhir minggu digunakan untuk quality time bersama keluarga. Lupakan sesaat urusan kantor dan beristirahatlah dirumah, berbicara bersama anggota keluarga dan makan malam dirumah bersama-sama. Selain mempererat komunikasi mungkin warga kampus bisa menemukan solusi bila bercerita mengenai masalah pekerjaan.

 

6. “Let’s Make Moves, Anywhere Is Okay, Let’s Go Party

Karena pekerjaan dan jadwal yang tiada hentinya menerjang, membuat warga kampus tidak bisa beristirahat dengan tenang. Traveling, bisa menjadi pilihan yang baik untuk warga kampus. Pergi dari kebisingan kantor dan kota, dapat membuat jiwa raga warga kampus bagai dipijat.Tetapi ingatlah untuk membuat planning dengan matang. Mulai dari keuangan, tempat wisata, tiket, transportasi, hingga mengambil cuti harus diatur dengan matang.

Setelah itu warga kampus bisa pergi traveling sesuai dengan budget dan jatah cuti. Bila berminat warga kampus bisa pergi kepantai, kenapa? Pertama menurut penelitian ombak pantai dapat membantu menenangkan hati, pikiran, serta membuat tidur jauh lebih nyenyak. Kedua, menginjak pasir pantai baik bagi kesehatan badan dan tentu membuat rileks. Lalu yang terakhir, sinar matahari dari jam 7-10 pagi baik untuk tubuh serta melihat sunset juga bisa membuat warga kampus lebih rileks.

 

7. ” I Can’t Quit You Yeah, I’m Gonna Regret It

Sudah dicoba semuanya bahkan warga kampus juga mencoba berbagai hal yang tidak tertera diatas. Tetapi semua hasil nihil, atau malah membuat rasa bosan kian memuncak hingga tak tertahankan lagi. Mungkin sebenarnya tidak ada yang salah dengan diri warga kampus. Maka bisa jadi memang sudah saatnya mengucapkan selamat tinggal, pada pekerjaan warga kampus.

Terkadang kalau terjebak dijalan buntu atau malah sudah digaris finish, memang mau  tidak mau harus mencari jalan baru yang lebih menantang. Tetapi ingat ini harus dipikir secara matang-matang, mulai dari tahap apa yang harus dilakukan ketika keluar dan konsekuensinya. Karena terkadang sekali keluar, tidak akan ada lagi jalan masuk untuk kembali.

Sarahwinanti Pratiwi Rachmani

Sarahwinanti Pratiwi Rachmani

Mahasiswa at Budi Luhur
Just a random teenage girl who love to read, writing, dancing, eat and have big desire in traveling
Sarahwinanti Pratiwi Rachmani

Sarahwinanti Pratiwi Rachmani

Just a random teenage girl who love to read, writing, dancing, eat and have big desire in traveling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *