Album Jonghyun Shinee yang berhasil masuk ke Billboard 200

Radiobudiluhur.com-Annyeong warga kampus, K-Zone info kali ini datang dari mendiang Jonghyun Shinee yang album terakhirnya baru saja dirilis oleh SM Entertainment.

Pada hari Jumat, 19 Januari 2018 SM Entertainment mengumumkan bahwa mereka akan merilis album  paling akhir mendiang Jonghyun yang sempat di garapnya. Album yang berjudul ‘Poet | Artist’ akan dirilis pada tanggal 24 Januari 2018. Sementara video klip atau MV dan seluruh track di album tersebut akan dirilis secara digital pada 23 Januari 2018 pukul 12.00 siang waktu Korea.

Meskipun mendiang Jonghyun sudah tidak ada di dunia lagi, para fans tetap masih semangat menunjukkan kesetiaannya. Album solo paling akhir dari salah satu member SHINee itu berhasil memulai debut di jajaran tangga musik Billboard 200. Album yang berjudul ‘Poet | Artist’ itu berhasil masuk deretan tangga musik dengan mengumpulkan penjualan lima ribu unit atau setara empat ribu penjualan album tradisional.

Pencapaian itu pun membuat Jonghyun sebagai penyanyi solo Korea Selatan ke-empat yang berada di Billboard 200. Dia menyusul prestasi yang telah lebih dulu di dapat BoA, G-Dragon, dan Taeyang.

Selain itu, Poet | Artist pun dilaporkan berhasil menguasai tangga musik Billboard World Albums. Itu membuat Jonghyun bergabung sebagai musisi besar Korea yang telah menduduki puncak tangga musik beberapa kali.

Mengiringi perilisan album Poet | Artist, kala itu pihak label SM Entertainment turut meluncurkan video musik untuk lagu Shinin. Video berdurasi tiga menit itu turut menampilkan aksi Jonghyung melantunkan lagunya di berbagai tempat, termasuk sebuah stasiun radio dan di depan studio musik.

Tak lama setelah dirilis, album itu langsung menduduki posisi nomor satu di 24 negara termasuk Argentina, Brazil, Guatemala, Malaysia dan Ukraina. Lagu itu juga mengisi nomor dua tangga musik iTunes di Amerika Serikat dan Australia.

Selain lagu dari album terakhir Jonghyun, beberapa lagu dari album sebelumnya juga sempat menduduki peringkat satu di beberapa musik chart korea.

Lagu solo Jonghyun, “Lonely” misalnya, berada di peringkat 1 tangga musik Melon. Lagu ini merupakan bagian dari album kompilasi keduanya “The Collection: Story Op. 2”. Dimana salah satu personel girl group Girl’s Generation, Taeyeon ikut serta di dalamnya.

Lagu solo Jonghyun lainnya, “End Of A Day” menjadi tren di Bugs, Mnet Music Charts, Naver Music dan Soribada–semuanya adalah tangga musik utama dan situs streaming di Korea. Lagu ini diirilis pada 17 September 2015.

Tak hanya lagu solo, lagu karya pelantun “So Goodbye” yang dinyanyikan Lee Hi berjudul “Breathe” bertengger di posisi 2 Naver Music dan Bugs dan posisi ke-3 di Melon dan Genie. Lagu yang dilantunkan dengan sangat emosional dan apik ini ternyata membahas soal depresi. Lagu ini di rilis pada tanggal 9 Maret 2016.

 

 

Diah Larasati

Diah Larasati

Mahasiswa at Budi Luhur
An introvert nerd that fell in love with all about Korea.
Diah Larasati

Diah Larasati

An introvert nerd that fell in love with all about Korea.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *