AKHIRNYA! Suga BTS Resmi Menjadi Anggota Tetap Asosiasi Hak Cipta Music Korea

Radiobudiluhur.com-Suga yang merupakan salah satu anggota BTS mendapat kehormatan menjadi anggota tetap Asosiasi Hak Cipta Musik Korea yang disebut KOMCA (. Suga yang memiliki nama asli Min Yoongi ini memang memiliki selera music yang tinggi, ia juga memiliki kemampuan dalam menulis lagu atau composing yang tinggi pula.

Pada tiap tahunnya, KOMCA selalu merekrut 25 anggota tetap baru. Perekrutan anggota baru ini juga memiliki beberapa kriteria yang harus ada, yaitu artis, produser dan composer. Menjadi anggota KOMCA bukanlah hal yang mudah pula. Ada beberapa syarat yang harus diepenuhi yaitu, sudah mendaftar sebagai anggota asosiasi selama 3 tahun, dan mendapat hak royalti lebih dari 30 Juta Won atau setara dengan Rp390 juta selama kurun waktu 3 tahun. Seluruh anggota BTS sudah mendaftar menjadi anggota asosiasi KOMCA, namun Suga menjadi anggota pertama dari BTS yang dipromosikan menjadi anggota tetap.

Asosiasi Hak Cipta Musik Korea atau KOMCA(Korean Music Copyright Association) adalah organisasi non-profit yang melindungi hak-hak para pencipta lagu, penampilan publik dan siaran dari plagiat dan pencurian hak cipta di Korea Selatan. KOMCA juga menjadi salah satu organisasi perlindungan hak cipta musik terbesar di Asia dengan memiliki anggota lebih dari 20 ribu anggota non-tetap. Anggota yang tergabung dalam asosiasi ini adalah para pelaku seni yang memiliki karya di bidang musik seperti produser, komposer, atau idol K-Pop yang merangkap menjadi produser dan komposer.

Musisi top lain seperti G-Dragon dan Teddy juga anggota tetap di asosiasi ini. Bahkan di tahun 2018 ini, keduanya dinobatkan sebagai orang yang mendapat hak royalti paling banyak dari penulisan lagu dan produksinya.

Selain Suga, Simon Dominic, Oh Hyuk, rapper The Quiett dan rapper Outsider terpilih menjadi anggota tetap KOMCA untuk tahun ini. Sementara di tahun sebelumnya, artis-artis yang sudah dipromosikan menjadi anggota tetap yaitu Tablo Epik High, IU, BoA, Tiger JK, dan beberapa artis lainnya.

 

Diah Larasati

An introvert nerd that fell in love with all about Korea.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *