7 Cara Ampuh Untuk Menghindari ‘Kecelakaan’ Sebelum Interview

Radiobudiluhur.com –  Interview, moment dimana orang biasanya merasa keringat dingin, gugup dan ngehela nafas dimana-mana. Saat melamar kerja ini moment paling dag dig dug nih warga kampus. Namanya interview, banyak banget dong yang harus dipersiapkan. Layaknya mau pergi perang, ga boleh ada yang ketinggalan, mental sampai pikiran harus siap dengan pertanyaan yang terkadang nyeleneh. Radio Budi Luhur punya nih beberapa tips untuk warga kampus biar siap ketika nanti melakukan interview.

  1. CV dan dokumen menarik

CV yang menarik dan dokumen milik warga kampus bisa menjadi self boasting saat warga kampus interview nih. Taruh hal yang paling warga kampus banggakan disini, mulai dari foto hingga trait terbaik warga kampus , tapi bukan asal taruh bikin semenarik mungkin. Usahakan CV warga kampus mempunyai  ‘tema’ tersendiri, mulai kata-kata yang sopan namun eye catching, hingga pemilihan warna dan font harus diperhatikan banget nih.

 

 

Siapkan flashdisk berisi dokumen warga kampus, untuk memberikan pembuktian saat interview nanti! buatlah beberapa folder, bedakan tiap folder sesuai dengan konten yang warga kampus punya. Ini sangat berguna saat interview nanti, jadi warga kampus ga perlu kebingungan mencari dokumen tertentu karena sudah tertata rapih. Kalau kita sigap dan cepat pasti akan menjadi nilai plus tersendiri saat interview.

 

  1. Social Media Warning

Dijaman teknologi serba canggih ini, siapa sih yang gapunya sosial media? jaman sekarang sebuah perusahaan juga akan mengecek sosial media kita. Buat apa sih? untuk melihat bagaimana cara berinteraksi dan menggambarkan diri warga kampus itu sendiri. Kalau warga kampus bisa membranding diri warga kampus dengan baik, itu bisa menjadi keuntungan perusahaan itu sendiri.

Kenapa sih? karena kalau warga kampus masuk kedalam perusahaan tersebut, otomatis warga kampus ikut membranding perusahaan tersebut. Pastikan warga kampus tidak pernah  mempost hal-hal aneh, atau hal-hal yang membuat warga kampus terlihat tidak kompeten, dimata sebuah perusahaan. Pastikan sosial media warga kampus tetap mencerminkan diri warga kampus,  tanpa harus berisi konten-konten aneh.

 

  1. A little knowledge won’t hurt

Apa sih yang kira-kira perusahaan itu perlu? gimana teknik marketing mereka ? pernah bekerjasama dengan perusahaan/brand apa aja? kira-kira kalau kerja disitu warga kampus bakal ngapain aja? itu merupakan beberapa, dari banyak hal yang warga kampus perlu tau. Perusahaan pasti akan lebih mempertimbangkan kalau warga kampus tau banyak soal perusahaan mereka.

Ini adalah salah satu yang suka terlupakan, banyak orang yang melakukan interview hanya mempelajari cover perusahaan. Padahal kalau pengetahuan warga kampus mengenai perusahaan tersebut banyak, itu akan membuka kemungkinan lebih besar untuk lulus interview. Selain belajar mengenai perusahaan, warga kampus juga harus cari tahu pertanyaan yang mungkin keluar dari internet. Warga kampus bisa mengira-ngira apa yang akan dikatakan untuk menjawab saat interview, bila saat interview warga kampus bisa langsung menjawab lancar tanpa bingung dan berputar-putar bisa menjadi nilai plus loh.

 

  1. Mirror mirror on the wall

 

Bicaralah dengan kaca! bayangkan warga kampus sedang diinterview. Coba minta tolong teman warga kampus buat menjadi orang yang menginterview, apalagi kalau dia punya pengalaman pasti lebih bagus.

Siapkan list berbagai pertanyaan sebanyak-banyaknya, warga kampus bisa cari contoh diinternet. Ketika warga kampus melakukan interview ‘mini’ dengan teman, jawablah sambil melihat cermin. Ini berguna untuk mengatur ekspresi warga kampus, agar terus terlihat percaya diri nantinya serta tidak gagap saat menjawab pertanyaan.

 

  1. Run away look? Runway look!

Tidak perlu semua barang baru warga kampus. Pakailah pakaian rapih, menarik namun tidak berlebihan dan mencolok. Carilah baju seminggu sebelum, persiapan dari jauh-jauh hari akan meminimalisir ‘kecelakaan’. Carilah di internet sebagai referensi baju interview warga kampus, lalu mix and match baju warga kampus yang kira-kira mirip dengan referensi.

 

 

Pilih baju sesuai dengan image perusahaan dan jabatan yang warga kampus pilih. Kalau kantor tersebut mempunyai image classy, neat serta high class. Kemeja dan blazer bisa menjadi pilihan klasik untuk digunakan warga kampus. Beda lagi kalau perusahaan tersebut mempunyai image santai, modern dan mempunyai pasar anak modern. Warga kampus bisa memakai kaos polo dan blazer, jangan sampai warga kampus saltum dan merasa salah tempat. Terakhir jangan lupa ketoiltet dahulu saat sampai untuk mengecek penampilan, jadi datang jauh lebih awal ya warga kampus!

 

  1. Makan dulu bang

Jangan pernah melakukan interview dalam keadaan lapar! selain jadi kurang fokus, warga kampus harus menanggung malu kalau keluar bunyi-bunyi ‘demo’ dari perut. Makanlah 1-2 jam sebelum memasuki ruang interview, jangan makan sampai kekenyangan. Makan sampai kekenyangan bisa membuat perut warga kampus terasa berat, merasa mengantuk, serta perut yang lebih buncit.

 

 

Makanlah sebelum berangkat menuju tempat interview. Bila takut kelaparan saat menunggu giliran, bawalah sandwich, roti isi atau pisang untuk mengganjal perut warga kampus. Bisa dibeli diminimarket, atau membuat sendiri dirumah. Ketiga makanan tadi mempunyai resiko kecil, untuk menebarkan remah-remah dibaju warga kampus, tapi jangan lupa untuk membawa tisu ya!

 

  1. “Easy there easy”

Sehari sebelum interview! tegang, minder, gugup, takut rasanya aura negatif jadi mendekat semua! pastikan 2-3 hari sebelum  interview semua hal sudah warga kampus siapin. Jadi ketika 1 hari sebelum interview gunakan waktu untuk istirahat, jalan-jalan atau sekedar makan bersama keluarga. Jangan pergi hingga larut malam! tidur lebih awal, bisa membantu warga kampus terlihat lebih fresh dipagi hari.

Warga kampus juga jangan terlalu membebani pikiran, santai saja dan lakukan ‘all or nothing’. Lakukan sebisa warga kampus, tunjukkan yang terbaik jangan lupa rajin berdoa, untuk meminta bantuan dari yang diatas.

Sarahwinanti Pratiwi Rachmani

Sarahwinanti Pratiwi Rachmani

Mahasiswa at Budi Luhur
Just a random teenage girl who love to read, writing, dancing, eat and have big desire in traveling
Sarahwinanti Pratiwi Rachmani

Latest posts by Sarahwinanti Pratiwi Rachmani (see all)

Sarahwinanti Pratiwi Rachmani

Just a random teenage girl who love to read, writing, dancing, eat and have big desire in traveling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *